Kanker serviks stadium 2B, apakah bisa sembuh?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok, Setelah saya periksa ternyata saya terkena kanker serviks stadium 2B. Apakah kondisi kanker serviks stadium 2B ini dapat disembuhkan Dok? Bagaimana cara saya untuk mengobati kanker serviks stadium 2B ini Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang banyak menyerang pada wanita dengan gejala berupa sering perdarahan diluar siklus haid, nyeri ketika berhubungan seksual, nyeri pada pinggul, keputihan yang berbau, keluar darah setelah berhubungan seksual, dll.

Berat ringannya kanker serviks tergantung dari stadium berapa ketika Anda didiagnosa kanker serviks tersebut. Bila Anda didiagnosa kanker serviks stadium 2B maka menandakan ada penyebaran sel kanker ke jaringan sekitar leher rahim, namun belum ada keterlibatan kelenjar getah bening.

Untuk penanganan kanker serviks stadium 2B dapat berupa operasi yang selanjutnya akan dibarengi dengan kemoterapi atau radioterapi. Anda jangan berkecil hati, karena untuk kanker serviks stadium 2 memiliki angka bertahan hidup diatas 5 tahun sebesar 60-90%. Yang penting Anda segera melakukan pengobatan dengan dokter onkologi untuk penanganan yang tepat.

Selain itu Anda perlu menjalankan pola hidup sehat seperti perbanyak asupan sayur dan buah, kurangi makanan berlemak atau daging yang dimasak setengah matang, hindari makanan kaleng, serta olahraga secara teratur 30 menit setiap hari.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.