Kanker serviks sebelum berhubungan seksual, apakah mungkin?

AK Info Penanya: AK
Apakah gadis perawan juga bisa mengalami kanker serviks?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Kanker serviks adalah keganasan yang timbul pada leher rahim. Faktor risikonya sendiri adalah beragam mulai dari faktor genetik, riwayat kanker serviks pada keluarga, riwayat infeksi menular seksual, sering berganti pasangan, infeksi virus HPV tipe 16 dan 18 yang diduga menjadi pemicunya dan beragam faktor risiko lain.

Jika belum pernah berhubungan seksual memang kecil kemungkinannya tetapi karena kanker adalah sesuatu yang tidak pasti penyebabnya dan faktor risikonya beragam kemungkinan untuk timbul kanker bisa mungkin ada. Selain berhubungan seksual, aktivitas seksual lain juga bisa berpotensi menjadi pintu masuk terjadinya penularan virus HPV seperti misalnya melalui sentuhan dengan penderita, oral seks, dan lainnya.

Untuk itu ada baiknya melakukan pemeriksaan berkala jika memiliki faktor risiko salah satunya riwayat keluarga yang memiliki kanker serviks. Nantinya juga bisa dilakukan vaksin terhadap virus HPV untuk meminimalisir risiko timbulnya kanker serviks. Penting juga untuk setia pada pasangan, tidak melakukan hubungan seks terlalu dini, berganti pasangan ataupun juga gunakan kondom yang bisa membantu mencegah penularan infeksi seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sel-sel kanker dapat tumbuh di dalam tulang dan menyebabkan gejala kanker tulang

Jangan Abaikan Rasa Sakit, Bisa Jadi Ini Gejala Kanker Tulang

Gejala kanker tulang yang muncul menjadi satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit ini. Pasalnya, tak ada metode deteksi dini untuk kanker tulang. Jadi, jangan remehkan ciri-ciri kanker tulang yang mungkin mendera Anda.