Kanker Payudara dan Perkembangan Penyakitnya

IA Info Penanya: IA, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya mau tanya..perbedaan tumor dan kanker payudara itu apa ya dok..ibu saya payudaranya besar 1 dan luka sehingga menimbulkan bau tidak sedap, ketika diperiksakan kata dokter tidak bisa dioprasi tapi d suruh kemoterapi, tp ibu saya tidak mau dan sekarang lukanya tambah besar dan tangannya ikut bengkak dok, itu kenapa ya dok..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IA

Dari gambaran anda, sepertinya ibu anda mengalami kanker payudara. Tumor terjemahannya adalah suatu pembesaran, makanya ada yang disebut tumor jinak dan tumor ganas. Kanker payudara termasuk kedalam tumor ganas.

Sebagian besar kasus kanker payudara dimulai dari saluran susu di payudara. Bila sel kanker masih berada di saluran payudara tersebut atau bahasa medisnya ductal carcinoma in situ, angka keselamatan hidup mendekati 100%

Sel kanker kemudian bergerak ke dinding dari saluran tersebut dan mempengaruhi jaringan disekitarnya. Bahasa medisnya infiltrative / invasive. 

Bila tidak dilakukan perawatan/terapi, kankernya akan menyebar (metastase), area pertama yang paling sering dituju adalah kelenjar limfe di bawah ketiak. 

Setelah sel kanker mencapai kelenjar limfe, dia akan masuk ke sistem kelenjar limfe lainnya dan bisa menyebar ke area lain di tubuh. Hal ini disebut distant metastase.

Pada ibu anda sel kanker sudah menyebar ke kelenjar limfe sampai membengkak kemudian saluran limfenya menjadi tidak lancar dan akibatnya tangannya bengkak. Dokter tidak menganjurkan operasi karena sel kankernya sudah menyebar dari payudara. Dengan kemoterapi dapat mengurangi gejala pembengkakan dan nyeri pada ibu anda. Sedangkan luka yang bau menandakan sudah terinfeksi perlu dilakukan perawatan luka agar tidak menimbulkan komplikasi tambahan.

Sebaiknya konsultasi kembali dengan Dokter Spesialis Bedah Onkologi untuk tatalaksana kankernya. Juga konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah untuk perawatan lukannya.

Semoga saran saya membantu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

RA
23 Sep 2019, 00:53
Udah coba pake paketan tienshi belum bu? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja bu di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimisan bisa menjadi gejala kanker nasofaring

Kanker Nasofaring: Ternyata Virus Penyebabnya Ada di Sekitar Kita

Ternyata bukan hanya ustadz Arifin Ilham saja, kanker nasofaring merupakan kanker dengan jumlah penderita tertinggi di Indonesia, dianggap sebagai jenis kanker keempat paling banyak diderita setelah kanker serviks, kanker payudara, dan kanker kulit, serta merupakan jenis keganasan yang paling banyak ditemukan di daerah kepala dan leher.