Kanker paru-paru dan menjalani terapi target

D Info Penanya: D
Umur 66 tahun dengan diagnosa adenokarsinoma saat ini menjalani terapi target mutasi EGFR sudah sejak 1 bulan ini. Kontrol ke RS 1 minggu sekali kadang dilakukan penyedotan efusi pleura. Selama terapi EGFR diberi obat gefitinib. Yang saya tanyakan kenapa pasien tidak diberi afatinib ya? Saya baca-baca afatinib lebih baik dari gefitinib
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Kanker paru adalah keganasan yang terjadi pada organ paru yang bisa timbul ditandai gejala seperti batuk yang berkepanjangan, nyeri dada, sesak, perubahan berat badan yang menurun drastis, nyeri di sekitar tulang dada, sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening dan juga gejala lainnya.

Faktor penyebab yang bisa meningkatkan risiko kanker paru diantaranya adalah:

  • Riwayat genetik keluarga dengan kanker paru
  • Sering terpapar rokok atau zat karsinogen lain salah satunya terpapar asbes atau gas radioaktif
  • Kebiasaan merokok
  • Riwayat penyakit paru seperti pneumonia

Jenis dari sel kanker sendiri bisa beragam sehingga penanganannya juga bergantung pada jenis dan keparahan kanker itu sendiri. Beberapa penanganan yang bisa dilakukan diantaranya seperti operasi pengangkatan sebagian paru, pengangkatan satu paru atau seluruh paru dan dilakukan transplantasi, dilakukan terapi radiasi, kemoterapi, terapi target dan penanganan lainnya.

Pada terapi target sendiri seperti terapi target EGFR merupakan prosedur dimana pengobatan ditargetkan pada sel spesifik tanpa membunuh sel sehat. Obat yang digunakan untuk target terapi sendiri adalah obat antineoplastik yang disesuaikan dengan jenis sel kanker yang ditargetkan.

Mengenai penggunaan mana obat yang lebih baik, perlu juga disesuaikan dengan kondisi pasien, karena bisa ada pertimbangan tertentu untuk penggunaan obat-obatan, sehingga tidak selalu yang lebih baik bisa lebih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Sebaiknya bisa coba berkonsultasi pada dokter ahli onkologi yang menangani agar bisa diberikan penjelasan yang sesuai dengan kondisi pasien. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bunga saffron juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Manisnya Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, manfaat saffron bagi kesehatan adalah dapat meringankan gejala PMS, mencegah depresi, meningkatkan libido, hingga cegah kanker.