Kanker kelenjar ludah tidak boleh makan pedas

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya...Apakah benar kalau kanker kelenjer ludah tidak boleh makan yang pedas contohnya cabe dan lada? Dan apakah jahe termasuk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Menyambung pada pertanyaan di topik sebelumnya di tautan ini. 

Pada kanker kelenjar ludah atau kelenjar air liur dapat timbul pada 3 kelenjar ludah utama yaitu kelenjar parotis, kelenjar submandibular atau kelenjar sublingual ataupun pada kelenjar-kelenjar kecil di rongga mulut. 

Apabila sudah ditangani baik melalui metode operasi, radioterapi ataupun kemoterapi sebenarnya tidak ada pantangan khusus. Tetapi paska penanganan dapat menimbulkan efek seperti kesulitan dalam menelan makanan, kesulitan menggerakan bibir, infeksi ataupun kerusakan saraf di wajah atau mulut. 

Sebenarnya apabila sudah dilakukan penanganan tidak ada pantangan khusus seperti makanan pedas atau lainnya, tetapi fungsi kelenjar liur yang sudah diangkat dapat hilang sehingga dapat menimbulkan mulut kering dimana dapat menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu peningkatan air liur seperti makanan berlemak, makanan asam ataupun pedas. 

Untuk itu perlu menghindari kebiasaan merokok dan hindari makanan tidak sehat seperti makanan berlemak tinggi atau kolesterol, membatasi konsumsi makanan berlemak, asam dan pedas dan minum lebih banyak air putih untuk mencegah mulut kering. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering lapar meskipun sudah makan dalam porsi yang besar bisa dikarenakan mengonsumsi karbohidrat terproses secara berlebih

Sudah Makan tapi Masih Sering Lapar? Ini Penyebabnya

Apakah Anda sering lapar meskipun sudah makan? Rasa lapar terus-menerus yang dialami dapat diakibatkan oleh gaya hidup yang perlu diubah ataupun karena kondisi medis tertentu, misalnya diet yang terlalu rendah lemak.