Kanker kelenjar ludah, apakah makanan yang perlu dihindari?

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya...Apa saja pantangan makanan dan minuman untuk penyakit kanker kelenjar ludah? Dan benarkah tidak boleh makan daging sapi, ayam ras dan kampung beserta telurnya, susu, yogurt dan keju?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kanker Rongga Mulut salah satunya yang di kelenjar air liur (saliva gland tumor) mengakibatkan perubahan pada pola makan termasuk juga efek dari pengobatannya. 

Problem pertama adalah mulut kering, setelah operasi atau radioterapi. Karena kelenjar ludah yang normal harus mengkompensasi mengeluarkan air liur yang cukup. Ada beberapa obat yang bisa diresepkan oleh dokter untuk menambah jumlah air liur. Jangan lupa banyak minum secara teratur dan rutin periksa dengan dokter gigi.

Hilangnya rasa makanan akibat radiasi dan kemoterapi yang mempengaruhi indera pengecap. Makanan bisa terasa pahit dan terasa seperti besi. Nyeri saat mengunyah atau menelan sehingga mengakibatkan berat badan turun. Minumlah susu dan yoghurt full fat untuk menambah berat badan. Makan dengan porsi kecil tapi sering. Jangan memaksakan makan sekaligus banyak. Lebih baik makanan dalam bentuk cair dengan kandungan vitamin, protein dan karbohidrat yang cukup. Bisa diskusi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik untuk mendapat arahan cara pembuatannya.

Selain itu karena produksi air liur berkurang dengan tujuan meningkatkan air liur malah keringat yang akan bertambah karena sarafnya terhubung. Mulut sulit dibuka atau rahang kaku jadi memerlukan makanan lunak, berkuah atau bersantan, sehingga makanan keras seperti daging lebih sulit dimakan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)