17 Oct 2020, 17:04Kanker

Kanker usus, apakah boleh minum susu?

IA
Info Penanya: IA0
Dok mau tanya, apakah boleh seorang penderita kangker usus mengkonsumsi susu sapi?? Atau ada saran susu apakah yg boleh dikonsumsi. Terimakasih
1019 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaKanker usus adalah salah satu jenis kanker yang menyerang pada organ usus baik pada usus halus maupun usus bersar. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya namun adanya mutasi sel-sel pada usus dapat menyebabkan kanker usus. Selain itu, terdapat pula beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko terserang kanker usus.

Adapun faktor risiko terjadinya kanker usus adalah:

  • Lanjut usia
  • Penyakit tertentu yang menyerang usus
  • Genetik
  • Pola makan tidak sehat, sepertri mengumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat
  • Adanya polip usus
  • Obesitas
Terkait dengan pertanyaan Anda, susu mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan saluran pencernaan. Jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar (1-2 gelas / hari), tubuh dapat mendapatkan manfaat dari susu. Terkait dengan susu dan kanker, saat ini masih banyak perdebatan. Pada beberapa penlitian mengonsumsi susu dapat mencegah terjadinya kanker seperti kanker kolorektal, kanker payudara. Namun,  pada kanker prostat dan beberapa kanker lain, akan meningkatkan risiko terserang kanker. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang lebih spesifik terkait dengan susu dan kanker.Tidak ada larangan secara pasti untuk mengonsumsi susu pada penderita kanker usus. Selama dalam porsi yang wajar dan dipastikan tidak ada riwayat alergi terhadap produk susu dan olehannya. Namun alangkah baiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesiali bedah yang merawat Anda juga terkait dengan jenis susu yang bisa di konsumsi sesuai dengan kondisi usus Anda saat ini.Pastikan Anda juga tetap mengonsumsi makanan bergizi, hindari makann yang diawetkan, hindari makanan cepat saji, hindair makanan yang tinggi lemak, konsumsi sayur dan buah agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.

Salam sehat, dr. Dwiana A 
kankersusukanker usus besar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil