Telat haid dan keluar flek tetapi test pack negatif, karena apa ?

YA Info Penanya: YA, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok saya mau tanya saya udah telat haid sekitar 19h tapi saya tespack hasilnya negatif, trus hari ke-20 saya awalnya hanya flek darah yg kluar berwarna coklat gelap, trus bsoknya kluar darah itu artinya saya kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YA.

Telat haid merupakan gejala gangguan siklus haid yang umum dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Keadaan tersebut dapat dipicu oleh berbagai faktor yang  menggangu keseimbangan hormon pengatur siklus haid.

Adapun beberapa faktor tersebut, yang meliputi :

  • kenaikan dan penurunan berat badan drastis 
  • kondisi emosi yang sedang labil seperti keadaan stres, kecemasan berlebih dan lain-lainnya
  • kurang berolah raga atau sedang menjalani program pelatihan tertentu seperti atlet
  • kelelah kronis
  • pola makan yang tidak sehat
  • adanya kondisi medis atau penyakit tertentu 

Terkait dengan keluhan yang dialami, keadaan tidak haid yang disertai munculnya flek darah berwarna kecoklatan mungkin terjadi karena salah satu faktor yang telah dipaparkan diatas. Umumnya jika sudah ada keterlambatan haid selama minimal 10 hari dan test pack memberikan hasil negatif kemungkinan kehamilan kecil. Namun agar lebih akurat Anda dapat melakukan test pack ulang satu minggu setelah test pack yang pertama kali. Hal ini berhubungan dengan kadar hormon kehamilan yang mungkin belum meningkat secara signifikan.

Apabila ternyata pemeriksaan test pack lanjutannya tetap negatif, maka kemungkinan kehamilan bisa disingkirkan. Selanjutnya Anda dapat mencoba beberapa tips alami untuk melancarkan haid seperti mengonsumsi air rebusan jahe, bubuk kayu manis dan cuka apel organik, serta berolah raga secara teratur. Jika keluhan berlanjut selama 3 bulan kedepan, periksakanlah ke dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil testpack positif samar memang membingungkan karena menunjukkan tiga kemungkinan: hamil, tidak hamil, dan keguguran

Hasil Testpack Positif Samar, Apa Artinya?

Ketika mendapati hasil testpack positif samar, tentu saja wanita akan bingung apakah dirinya hamil atau tidak. Namun, ada tiga kemungkinan yang dapat terjadi mengenai hal ini.