Kapan waktu terbaik untuk testpack?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 25 Tahun
Saya sudah telat, kapan waktu terbaik untuk testpack.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR

Test pack adalah salah satu metode paling sederhana yang sering dipakai untuk mendeteksi adanya kehamilan. Cara penggunaannya yang sangat sederhana dan mudah di dapat di apotek sangat membantu seorang wanita untuk mendeteksi dini adanya kehamilan bila sudah terlambat haid.

Namun karena caranya yang sederhana tersebut sering menimbulkan hasil yang kurang akurat bila tidak dipakai sesuai petunjuk pemakaian.

Teknik-teknik yang sering menimbulkan ketidak akuratan test pack adalah :
  1. Pemeriksaan test pack yang terlalu dini atau cepat begitu terlambat haid. Padahal sangat jarang wanita yang siklus haidnya selalu teratur setiap bulannya, dalam artian kurang lebihnya di tanggal yang sama. Jadi test pack harus dilakukan paling cepat 1 minggu setelah terlambat haid. Karena bila pemeriksaan terlalu cepat maka hormon kehamilan masih sangat sedikit kadarnya di dalam urin, sehingga bisa timbul seolah-olah negatif.
  2. Pembacaan hasil yang terlalu lama, sehingga urin sudah menguap dan menimbulkan garis dua namun samar sehingga seolah-olah positif. Bila hal ini terjadi, Anda perlu melakukan pemeriksaan ulang dengan jarak 1 minggu.
  3. Tidak menggunakan urin pertama ketika bangun pagi.
  4. Terlalu banyak minum air putih sebelum pemeriksaan sehingga urin lebih encer.

Selain berdasarkan hasil test pack, Anda juga perlu memperhatikan gejala-gejala yang muncul seperti mual, pusing, lemas, lebih emosional, ingin tidur terus.

Namun untuk pastinya Anda bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan kromosom diduga menjadi penyebab hamil kosong

Sandra Dewi Pernah Mengalami Hamil Kosong, Apa Penyebab Kondisi Ini?

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak membelah dan membentuk embrio. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan kromosom, yang terjadi saat pembuahan sel telur.