02 Nov 2021, 10:04Kandungan

Sperma keluar di luar, apakah bisa hamil?

JP
Info Penanya: JP0
Dok saya mau tanya, Saya berhubungan badan sama pasangan saya pada tanggal 4 Oktober sehari setalah pasangan saya haid,tapi dalam situasi itu saya rasa saya mengeluarkan sperma saya di luar, tapi kok sampe sekarang pasangan saya belum juga menstruasi dok apakah hamil?
91 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, JTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid pada wanita kerap kali dikaitkan dengan kehamilan, padahal terdapat beberapa faktor lain yang bisa mennyebabkan wanita mengalami terlambat haid. Meskipun trelambat haid bisa terjadi karna hamil namun terlambat haid bukanlah tanda pasti dari kehamilan. Tnada pasti dari kehamilan adalah usg kandungan, hasil test pack dan hasil pemeriksaan dokter.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terlambat haid selain hamil:

  • Penyakit pada organ reproduksi
  • Efek penggunaan KB
  • Perubahan berat badan tiba-tiba
  • Gangguan hormon
  • Stres
  • PCOS

Sperma keluar di luar, adakah kemungkinan hamil?

Hamil terjadi saat ada sperma masuk dan membuahi sel telur, sehingga dengan dilakukan ejakulasi di dalam vagina akan memudahkan pertemuan sperma dengan sel telur dan terjadi pembuhan. Saat ejakulasi pria mengeluarkan cairan mani yang mengandung sperma, sedangkan pada cairan pra ejakulasi (cairan yang keluar sebelum ejakulasi, juga bisa mengandung sperma. Sehingga walaupun ejakulsai di lakukan di luar vagina, namun bila ada cairanpra ejakulasi yang masuk dan mengandung sperma tetap ada epluang kecil untuk terjadi kehamilan. Terkait dengan pertanyaan Anda, jika dipastikan saat ejakulais di luar vagina ini tidak ada sperma yang masuk, maka tidak menyebabkan kehamilan. Tetapi jika Anda ragu-ragu akan ada atau tidaknya sperma yang masuk sebaiknya lakukna tes kehamilan untuk memastikan apakah pasangan Anda hamil atau tidak.Pastikan tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi, atasi stres, hindari kecemasan, berolahraga ringan dengan rutin, hindari melakukan seks babas, dan jaga kebresihan tubuh serta area kemaluan. Lakukan pemeriskaan ke dokter spesailis kandungan bila keluhan tidak membaik.Anda juga bisa membaca forum kami yang lain terkait sperma keluar di luar saat berhubungan di bawah ini:Ejakulasi di luar apakah bisa hamil?Ejakulasi di luar kenapa bisa hamil?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekssekshubungan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil