15 Oct 2021, 12:07Kandungan

Test pack positif dan mual saat hamil

TV
Info Penanya: TV0
Halo dok saya sudah telat mens kurang lebih 2 bulanan, sempet kontrol ke bu bidan katanya telat krn hormon, tp selang 2 mingguan saya tespack hasilnya positif masih sempat blm percaya testpack lg dan hasilnya ttp positif, tp semenjak kehamilan ini saya sering merasakan kram perut bawah, mudah lelah, mual dan muntah itu gimana ya dok? Terimakasih
171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaHasil test pack positif adalah kondisi ketika ditemukan adanya hormon HCG pda urin ibu hamil. Hormon HCG ini biasanya ditemukan pada urin ibu hamil sektiar 10- 14 hari setelah terjadinya proses pemuahan sel telur oleh sperma. Hormon HCG akan berada pada tubuh ibu hamil dan terus meningkat kadarnya hingga puncaknya sekitar usia kehamilan 12 - 14 minggu kemduian tetap menetap dan menurun perlahan hingga menjelang melahirkan. 

Mual muntah pada ibu hamil

Kehamilan terjadi selama 40 minggu yang dibagi menjadi 3 trimester. Pada trimester pertama kehamilan atau pada tahap awal kehamilan ini terjadi beberapa keluhan seperti mual, pusing, mudah lelah, rasa tidak nyaman di perut dan lain sebagainya. Kondisi ini salah satunya terjadi karena ada perubahan hormon tubuh. Keluhan mual dan muntah dan beberapa keluhan lain ini wajar dialami oleh ibu hamil, meskipun demikian, ibu hamil tetap harus menjaga kesehatan dan juga asupan makanannya. Karena gizi dan nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, sangat bergantung dengan asupan gizi dari ibu hamil.Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, jika keluhan mual dan muntah serta beberapa keluhan ini dirasa uckup menggangu, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdeat untuk mendapatkan tataksana yang sesuai. Tindakan sementara yang bisa dilakukan yaitu dengan berusaha makan teratur, makan dengan porsi kecil tetapi dengan frekuensi lebih sering, hindari kelelahan, hindari makanan pemicu peningkatan asam lambung, konsumsi air rebusan jahe untuk membantu meredakan mual, konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Pastikan juga Anda menjaga kebersihan area kewanitaan dan melakukan istirahat cukup serta rutin melakukan pemeriksaan kandungan minimal sebanyak empat kali selama masa hamil.Semoga bermanfaat.
Salam sehat.
 dr. Dwiana A Baca juga:Terlambat haid dan mual apakah karena hamil?Apakah saat hamil boleh berhubungan badan?Apa gejala dari hamil kosong?
mualhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil