25 Sep 2021, 22:50Kandungan

Penyebab telat datang bulan, apakah hamil ?

JT
Info Penanya: JT0
Selamat mlm dok,maaf saya mau tanya. Bulan agustus kemarin saya mulai datengbulan tgl 12agustus selesai tgl 18. Tp sampai saat ini tgl 25 september belum datengbulan lagi,pas ditgl 24 saya tas tp cama muncul garis 1 belum garis 2
61 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, J.Telat datang bulan merupakan salah satu pertanda kehamilan bagi seorang wanita yang aktif melakukan hubungan intim dan tidak menggunakan alat kontrasepsi. Kehamilan dapat ditandai dengan telat datang bulan dan gejala lain berupa mual-mual di pagi hari, mood yang tidak stabil, rasa ingin terus berkemih, nyeri pada payudara dan kram ringan di perut serta flek kecoklatan.

Apa yang menyebabkan telat datang bulan, apakah hamil ?

Anda datang bulan tanggal 12 Agustus selesai tanggal 18. Tapi sampai saat ini tanggal 25 September Anda belum datang bulan lagi. Pada tanggal 24 September Anda test pack muncul garis 1, belum garis 2, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Siklus haid yang terganggu akibat penyakit endometriosis, PCOS, mioma uteri, kista ovarium, tumor pituitari, hipo/hipertiroid, penggunaan alat kontrasepsi hormonal, stress, kelelahan.
  • Kehamilan namun belum terdeteksi karena pemeriksaan test pack terlalu cepat. Test pack dapat Anda ulang 1 hingga 2 minggu kemudian jika masih telat datang bulan.
Jika Anda masih belum datang bulan, test pack negatif namun muncul beberapa gejala lain berupa mual-mual di pagi hari, lakukan USG di dokter kandungan. Namun jika hasil pemeriksaan test pack negatif dan USG memang tidak hamil, coba untuk ubah gaya hidup yang jauh lebih sehat agar siklus haid kembali teratur. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil