13 Aug 2021, 14:21Kandungan

Apa tindakan lanjutan saat perdarahan awal kehamilan?

HP
Info Penanya: HP0
1 bln yg lalu sy tespek kehamilan dan hasil positif tapi belum periksa kandunganke dokter. Lalu kmrin sy pendarahan byk sekali terasa sakit sekali diperut bagian bawah . Sy cari2 inpo lwt google gejala yg saya alami sama seperti gejala keguguran . Saya bingung haruskah periksa ke dokter atau di abaikan saja .
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaannya.Pada awal kehamilan adalah masa dimana kehamilan sangat rawan untuk mengalami gangguan sehingga diperlukan penjagaan ekstra dan Ibu hamil juga perlu untuk mengetahui kapan perdarahan normal dan tidak normal saat hamil muda.  

Penyebab perdarahan saat hamil muda :

  • Flek kehamilan jika hanya terjadi pada 1-3 hari, berupa bercak ringan dan kram ringan atau tidak ada keluhan sama sekali. 
  • Keguguran saat perdarahan disertai gumpalan dan nyeri perut hebat.  Kondisi ini dapat terjadi berulang atau hanya satu waktu tetapi darah sangat banyak. 
  • Kehamilan ektopik saat nyeri panggul atau perut hebat. 
  • Kehamilan anggur yang ditandai dengan flek berulang, nyeri panggul dan ukuran perut yang lebih besar dari biasanya. 
Jadi ketika ada perdarahan banyak apalagi disertai nyeri perut maka sudah menjadi tanda waspada dan perlu segera dilakukan pemeriksaan USG dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan apakah perdarahan karena suatu gangguan kehamilan atau faktor hormon kehamilan.  Sementara menunggu periksa dokter kandungan, istirahat total, minum vitamin hamil, banyak air putih, dan makan sehat yang tinggi nutrisi.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
trimester pertama kehamilankeguguranperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil