31 Jul 2021, 21:02Kandungan

Apakah masih bisa menyebabkan kehamilan walau cairan sperma dikeluarkan di luar ?

ME
Info Penanya: ME0
Hallo dok. Saya pasutri baru. Saya telah melakukan hubungan intim tetapi saya dan suami belum menginginkan kehamilan. Cairan sperma dikeluarkan di luar apakah masih bisa menyebabkan kehamilan ? Terimakasih dok
233 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Tidak hanya pasangan anak muda yang berpacaran takut akan kehamilan, tetapi dapat pula dialami pasangan suami istri (pasutri) baru yang belum menginginkan kehamilan. Sehingga memilih ejakulasi sperma di luar vagina untuk menghindari terbentuknya pembuahan. 

Cairan sperma dikeluarkan di luar apakah masih bisa menyebabkan kehamilan ?

Saat berhubungan intim bersama pasangan maka cairan akan keluar dari penis berupa air mani sebagai pelumas dan membantu sperma menuju sel telur wanita untuk dibuahi. Pelumas ini keluar bisa dari awal hubungan intim, air mani juga dapat mengandung sperma.Sehingga walau cairan sperma dikeluarkan di luar masih bisa menyebabkan kehamilan. Jadi jika setelah Anda dan suami hubungan intim, Anda mengalami telat haid, terlebih ada keluhan lain seperti rasa mual, maka lakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack ya dan konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Anda dan suami dapat memilih alat kotrasepsi baik kondom, pil KB, KB implan, KB suntik jika masih belum menginginkan kehamilan. Selalu jalani hidup sehat bersama suami ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil