05 Jul 2021, 13:42Kandungan

Jika berat badan janin kurang, apakah bisa lahiran normal ?

JJ
Info Penanya: JJ0
Dok sya mau bertanya kehamilan saya sudah 8 bulan lebih berat badan saya 45,4kg dan janin saya beratnya 1894g saya baru berumur 17 tahun 7 bulan 20 hari dok dari hasil usg posisi kepala janin sudah dibawah ketuban cukup dan bayi saya perempuan dok apakah saya bisa melahirkan normal atau harus SC dok? Dan berat janin 1894g bagi usia kandungan 8 bulan apakah itu normal atau kurang berat badan dok? Tolong dijelaskan dok saya kurang mengerti terimaksih
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, J.Kehamilan adalah sesuatu yang sangat penting bagi perempuan, harus dipersiapkan dengan matang, menjaga kesehatan dengan ketat selama hamil, pemantauan perkembangan janin secara berkala. Jika semua ini dilakukan dengan baik, maka ibu dan janin akan sehat hingga persalinan datang.

Berapa berat janin usia 8 bulan ?

Anda yang berusia 17 tahun 7 bulan 20 hari hamil 8 bulan dengan berat ibu 45,4 kg dan janin 1894 g, posisi kepala janin sudah di bawah, ketuban cukup, jenis kelamin janin perempuan, seharusnya menggunakan patokan minggu sebagai alat ukur, karena tiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda, sehingga perhitungan akan menjadi rancu. Anda dapat menghitung kembali usia kehamilan melalui hari pertama haid terakhir (HPHT) atau USG kandungan.Patokan berat janin berdasarkan minggu antara lain :
  • Usia janin 33 minggu dengan berat 1,9 kg dan panjang badan 43,7 cm.
  • Usia janin 34 minggu dengan berat 2,1 kg dan panjang badan 45 cm.
  • Usia janin 35 minggu dengan berat 2,4 kg dan panjang badan 46,2 cm.
  • Usia janin 36 minggu dengan berat 2,6 kg dan panjang badan 47,4 cm.
Jika dianggap 8 bulan Anda sekitar 34-35 minggu, maka berat badan janin termasuk kurang. Sehingga Anda harus mengejar target berat janin minimal saat dilahirkan 2500 g. Anda dapat melahirkan secara normal jika tidak terdapat penyulit seperti tekanan darah tinggi, plasenta previa, panggul sempit. Sebaiknya Anda juga melahirkan di rumah sakit agar jika dibutuhkan alat inkubator lebih mudah ditemukan. Jangan lupa konsultasi dan lakukan USG kembali di dokter kandungan. Perhatikan asupan makanan Anda, pilih makanan yang sehat dan bergizi, minum vitamin hamil, lakukan olahraga agar persalinan lancar.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilolahraga ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil