27 Jun 2021, 07:06Kandungan

Apakah telat haid dikatakan hamil?

ZH
Info Penanya: ZH0
Hallo dok. Saya sudah terlambat haid 2 minggu lebih. Tapi saya masih berhubungan intim.? Jadi pertanyaan saya disini apakah saya hamil. .? Dan bisa di tespek .?
24 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ZH                   Terima kasih atas pertanyaannya.Siklus haid 21-35 hari sehari dengan durasi haid 2-7 hari yang dinamakan sebagai siklus haid normal.  Jadi ketika siklus haid diluar rentang tersebut makan termasuk gangguan siklus haid salah satunya terlambat haid saat lebih dari 35 hari dihitung dari awal haid sebelumnya. 

Penyebab terlambat haid :

  • Stres dan cemas.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Kelainan di rahim.
  • Obesitas atau badan terlalu kurus.
  • Gangguan di hormon tiroid.
Kehamilan terjadi ketika sperma membuahi sel telur sehingga sel telur ini akan melekat pada dinding rahim dan berkembang menjadi janin.  Ketika sel telur terbuahi otomatis tidak terjadi haid sehingga tidak haid atau haid terlambat menjadi salah satu tanda kemungkinan hamil.  Walaupun tidak semua tidak haid pasti hamil.  Jadi saat ini anda telat haid, lalu bukan berarti anda pasti hamil, perlu dilakukan pemeriksaan testpack dan USG karena hanya dengan dua pemeriksaan tersebut kehamilan dapat dipastikan.  Untuk itu anda sudah bisa lakukan lakukan testpack ketika telat haid lebih dari 10 hari, bila hasil negatif ulang kembali jarak 10-20 hari dari testpack pertama atau lakukan pemeriksaan USG langsung ke dokter spesialis kandungan guna memastikan apakah telat haid karena kehamilan atau gangguan hormonal lainnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil