06 Jun 2021, 13:48Kandungan

Belum haid setelah telat suntik KB, apakah hamil?

DC
Info Penanya: DC0
Selamat siang dok mau nanya kemarin bulan maret saya harusnya KB tanggal 18 tapi saya lupa dan saya KB tanggal 30 Tapi saat itu saya masih haid sektar tanggal 16 april Dan dari tanggal itu smp sekarang saya blm haid lagi Apa itu bisa hamil??
46 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, DCTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang mana hormon ini memiliki fungsi dalam mencegah pelepasan sel telur dan mencegah perlekatan sel telur pada dinding rahim sehingga tidak berkembang menjadi janin.  Suntik KB memiliki efek kerja 98-99% dalam mencegah kehamilan asalkan sesuai dengan jadwal dan aturan yang sudah ditentukkan dokter atau bidan di tempat suntik. 

Penyebab kehamilan pada pengguna suntik KB :

  • Telat suntik atau jadwal suntik yang tidak teratur dapat menurunkan efek kerja dan meningkatkan potensi kehamilan.
  • Berhubungan di 7 hari pertama pasca suntik KB karena pada 7 hari pertama ini KB belum bekerja maksimal sehingga dianjurkan menunda atau memakai kontrasepsi tambahan contohnya kondom.
  • Kemungkinan 1-2% kehamilan karena KB tidak ada yang 100% mencegah kehamilan.
Jadi bila sempat telat suntik lalu haid maka kemungkinan untuk hamil cukup kecil.  Sedangkan tidak haid yang dialami bisa terjadi karena efek penggunaan KB, stres, obesitas, gangguan di rahim, serta kelainan hormon tiroid.  Untuk memastikan kehamilan anda bisa lakukan testpack sesaat sebelum suntik KB jadwal selanjutnya bila belum juga haid.Untuk kedepannya hindari telat suntik karena agar tetap maksimal dalam mencegah kehamilan.  Catat di calendar, di handphone, dan beritahu orang rumah agar tidak terlewat jadwal suntik KB.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil