08 Mar 2021, 11:08Kandungan

Lepas KB implan, apa bisa langsung hamil?

RV
Info Penanya: RV0
Dok saya mau tanya, apakah habis lepas kb implan bisa hamil. Waktu masih pakai kb implan haid teratur, sesudah buka kb langsung haid dok. Apakah bisa hamil dok, dan kapan masa subur ny dok?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, RTerima kasih atas pertanyaan AndaKB implan adalah salah satu jenis KB hormonal yang sering digunakan oleh pasangan yang berencana menunda kehamilan. Penggunaan KB implan ini dipasanggkan pada bawah kulit lengan atas. KB implan ini berbentuk tabung kecil fleksibel yang akan mengeluarkan hormon progesteron dalam aliran darah.

Beberapa kelebihan dari penggunaan KB implan adalah:

  • Cukup efektif bagi pasangan yang berencana menunda kehamilan dengan efektivitas yang mencapai 99%
  • Ketika dilepaskan, atau berhenti menggunakan KB implan bisa langusng subur kembali
  • Tidak perlu konsumsi pil KB setiap hari
  • Jika ada efek samping, KB implan bisa segera dilepaskan
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila setelah KB implan dilepas dan siklus haid sudah kembali lancar maka Anda bisa subur kembali untuk terjadi kehamilan. Jika Anda dan pasangan merencanakan kehamilan, lakukanlah beberapa tips untuk program hamil. Terkait untuk mengentukan masa subur, harus diketahui terlebih dahulu siklus haid Anda, jika siklus haid berkisar 28 hari, masa subur terletak sekitar 14 hari sebelum Anda haid kembali.Tetap jaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaa, hindari melakukan seks bebas, tetap konsumsi makanan sehat bergizi selama program hamil, hindari kelelahan, atasi stres dan beristirahatlah dengan cukup. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhamilkehamilanhaidpenggunaan kbmasa suburkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil