03 Mar 2021, 04:55Kandungan

Apa saja makanan yang dihindari saat hamil?

YS
Info Penanya: YS0
Dok makanan yn beresiko untuk kandungan apa saja
186 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, YSTerima kasih atas pertanyaannya.Menjaga kehamilan perlu dilakukan dari semenjak usia kandungan awal hingga waktunya persalinan.  Salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi.  Asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil mempengaruhi tidak hanya kesehatan dan perkembangan janin tetapi juga kesehatan ibu hamil secara keseluruhan. Terkait yang anda tanyakan, sebenarnya saat hamil tidak ada pantangannya yang signifikan tidak boleh dikonsumsi hanya saja tidak banyak dan terlalu sering.

Makanan dan minuman yang dihindari pada kehamilan :

  • Makanan mentah atau setengah matang seperti sashimi, steak dengan tingkat kematangan sedang, telur mentah.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda. Konsumsi teh dapat menghambat penyerapan zat besi yang diperlukan ibu hamil yang berfungsi sebagai perkembangan janin.
  • Buah dan sayur yang tidak tercuci dengan benar.
  • Makanan pedas, gorengan, dan berminyak. Makanan jenin ini berpotensi menimbulkan batuk ataupun asam lambung yang naik.
  • Makanan instan atau cepat saji. Makanan jenis ini memiliki nutrisi yang sedikit dan tinggi karbohidrat, gula dan lemak yang berpotensi meningkatkan berat badan dengan cara yang kurang baik.
Beberapa makanan tersebut dapat dihindari terlebih dahulu guna mencegah adanya infeksi bakteri, virus ataupun parasit yang mungkin saja mengkontaminasi.   Selain dengan menjaga pola makan bergizi, konsumsi vitamin hamil, perbanyak air putih, hindari begadang dan stres, serta rutin periksa kehamilan dengan dokter kandungan sesuai jadwal juga membantu menjaga kehamilan dengan baik.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil