25 Feb 2021, 18:46Kandungan

Telat haid dan sesak apakah penanda hamil?

NA
Info Penanya: NA0
Dok..saya telat datang buln 5 hari.. saya merasa nafas saya agak berat,seperti sesak nafas.. seelum nya saya tidak pernh ada penyakit sesak nafas.. apakah saya bisa dipastikan hamil atau gak ya dok? Gelaja hamil seperti MUAL,MUNTAH,PUSING,tidak ada terjadi pada saya?
2455 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, NATerima kasih atas pertanyaannya.Datang bulan atau haid adalah peluruhan dari jaringan pada dinding rahim untuk di keluarkan karena tidak ada sel telur yang dibuahi.  Siklus normal datang bulan 21-35 hari sekali dengan lama haid antara 2-7 hari.  Ketika ada terlambat haid atau haid yang lebih dari 35 hari tidak datang maka terjadi ketidakstabilan hormon.

Penyebab terlambat haid :

  • Cemas, stres.
  • Kelelahan dan sering begadang.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Gangguan pada rahim.
  • Gangguan pada hormon tiroid.
Sesak napas adalah ketika seseorang tidak lega dalam mengambil atau menghembuskan napas.  Kondisi ini dapat disebabkan oleh asma,  asam lambung yang tinggi, gangguan kecemasan, serta gangguan pada jantung.  Untuk memastikan adanya kehamilan tentunya dapat melakukan testpack ketika mengalami keterlambatan haid lebih dari 10 hari yang diulang 10-14 hari dari testpack pertama. Saat ini, jaga berat badan seimbang, atur pola makan sehat dan bergizi, perbanyak air putih, hindari berbaring setelah makan, hindari stres dan begadang, hindari makanan dan minuman pencetus seperti pedas, asam, kafein serta olahraga teratur untuk menjaga siklus haid lancar dan mengurangi rasa sesak.  Periksa ke dokter bila keluhan sesak tidak membaik.
kehamilangerdsesak napasgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil