25 Feb 2021, 13:06Kandungan

Apakah berhubungan seksual saat haid bisa hamil ?

AT
Info Penanya: AT0
Dok kalo berhubungan pas lagi haid tapi saya gak tau ternyata sedang haid tau nya pas lagi mandi tapi saya menggunakan KB suntik 1 bulan dan jadwal kembali untk suntik tgl 8 sesuai jadwal pertama suntik sebelum nya apa bisa hamil yah
281 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A. Kehamilan dapat dicegah dengan mengguanakan alat kontrasepsi pada wanita maupun pria baik dengan kondom, jenis kontraspesi yang mengandung hormonal, maupun alat kontrasepsi non hormonal seperti IUD.

Apakah berhubungan seksual saat haid bisa hamil ?

Saat wanita sedang haid tubuh mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi bersama dengan dinding rahim yang dipersiapkan untuk penempelan janin. Saat haid wanita sedang dalam masa tidak subur sehingga jika melakukan hubungan seksual maka kemungkinan terjadinya kehamilan juga sangat kecil, terlebih Anda menggunakan alat kontrasepsi KB 1 bulan.Suntik KB 1 bulan ini dapat mencegah terjadinya kehamilan dengan menghambat tubuh mengeluarkan sel telur, mengentalkan saluran reproduksi Anda sehinggga sperma yang masuk sulit mencapai tuba falopi dan menipiskan persiapan dinding rahim.Namun yang perlu diperhatikan adalah melakukan hubungan seksual saat haid. Darah yang keluar saat wanita haid merupakan media yang baik untuk bakteri berkembang masuk ke saluran reproduksi pria, serviks dan rahim wanita sehingga risiko infeksi semakin besar.Untuk itu, jika setelah melakukan hubungan seksual terjadi nyeri perut hebat, diikuti perdarahan di luar siklus haid, nyeri saat berkemih, segera lakukan pemeriksaan di dokter kandungan. Hindari hubungan seksual saat wanita sedang haid, dan terus jaga kesehatan organ reproduksi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikoinfeksi menular seksualkepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil