05 Feb 2021, 22:51Kandungan

Bagaimana cara mengembalikan hormon agar haid teratur setelah KB ?

KM
Info Penanya: KM0
selamat mlm dok sya mau tanya awalnya sya ikut KB yg 3 bulan dan udah 2 tahun udah brhenti KB krna ingin punya anak lg tp dri ikut Kb sampe skarang udah ga KB ga prnah haid... prtanyaan sya apa ada obat yg dpat mengembalikan hormon biar bisa dtang blan lg dan cepet hamil dok....
527 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, K.Gangguan menstruasi berupa tidak datang bulan setelah penggunaan alat kontrasepsi yaitu KB suntik 3 bulan, adalah keluhan yang sering dialami oleh wanita. Kandungan hormon progestin yang terdapat di dalam suntikan KB 3 bulan menyebabkan siklus haid tidak stabil, haid menjadi tidak lancar, bahkan tidak haid hingga berbulan-bulan.

Bagaimana cara mengembalikan hormon agar haid teratur setelah KB ?

Cara mengembalikan hormon agar haid teratur setelah KB suntik 3 bulan adalah dengan mengatur pola hidup menjadi lebih sehat dengan menjaga berat badan ideal, olahraga yang konsisten selama 15 hingga 30 menit dalam sehari, menjauhi semua alkohol, rokok serta paparan asap rokok, istirahat yang cukup dan kelola stress degan baik.Jika setelah menerapkan pola hidup yang jauh lebih sehat dari sebelumnya, namun haid tidak kunjung datang, maka lakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan. Dokter akan memeriksa organ reproduksi Anda dengan USG dan mengatasi penyebab yang ada. Dokter akan memberikan terapi hormon berupa pil chlomiphen dimana pil ini merangsang ovarium mengeluarkan sel telur sehingga kehamilan dapat terjadi.Selain itu dokter dapat memberikan pil KB kombinasi untuk mentstabilkan hormon yang ada. Terapi hormon juga dapat diberikan dalam bentuk suntikan. Dokter juga dapat memberikan obat metformin dimana obat ini digunakan untuk mengatasi penyakit PCOS salah satu penyebab haid tidak teratur.Semoga bermanfaat.Semoga program hamil berjalan lancar.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilantes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil