08 Jan 2021, 13:55Kandungan

Apakah saat hari terakhir haid, penis yang menempel akan menyebabkan hamil ?

S
Info Penanya: S0
Dok saya mau bertanyaa Di saat haid ke 4 itu sdh haid terakhir saya. Lalu pasangan saya mendekati penisnya di ujung vagina saya. Apaka ada resiko hamil?
210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Saat menstruasi maka darah yang berasal dari luruhnya dinding rahim akan keluar mengalir dari vagina. Darah menstruasi ini biasanya akan terlihat lebih banyak pada hari pertama dan kedua saat proses mensruasi berlangsung, dan diikuti oleh keluarnya darah yang lebih sedikit pada hari selanjutnya. Lamanya menstruasi sekitar 3 hingga 7 hari. Namun ada bebarapa wanita mengalami menstruasi yang lebih lama dan banyak dari seharusnya.

Apakah saat hari terakhir haid, penis yang menempel akan menyebabkan hamil ?

Saat menjelang hari akhir menstruasi, darah yang keluar jauh lebih sedikit bahkan hanya berupa flek kecoklatan. Jika saat hari haid terakhir ini Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual, atau hanya sekedar menempelkan penis ke vagina tanpa adanya penetrasi dan ejakulasi, maka kehamilan tidak terjadi. Namun jika penetrasi terjadi, walau ejakulasi dilakukan di luar vagina, cairan yang keluar dari penis sesaat sebelum ejakulasi berlangsung, tetap dapat mengandung sperma, dimana jika ovulasi wanita datang lebih cepat setelah menstruasi selesai, maka kemungkinan terjadi kehamilan tidak dapat disingkirkan.Untuk itu, sebaiknya Anda dan pasangan selalu menggunakan alat kontrasepsi jika ingin mencegah kehamilan terjadi. Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual saat menstruasi berlangsung dan flek kecoklatan masih keluar dar vagina. Darah yang keluar dari vagina dapat menyebabkan infeksi baik pada organ reproduksi wanita maupun laki-laki.Anda dapat konsultasi bersama pasangan di dokter spesialis kandungan untuk menentukan alat kontrasepsi yang akan Anda dan pasangan pilih, apa efek samping danmaafaat alat kontrasepsi tersebut, dan bagaimana cara berhubungan seksual yang sehat.Semoga bermannfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil