06 Jan 2021, 15:17Kandungan

Apakah hubungan seksual tanpa penetrasi dapat menyebabkan hamil ?

AS
Info Penanya: AS0
Dok apakah kalo belom berhubungan seksual tapi mengeluarkan sperma nya juga ga di area kewanitaan apakah kemungkinan hamil dok?
233 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Berhubungan seksual adalah semua kegiatan dimana tujuannya untuk mencapai kepuasan seksual. Hubungan seksual dapat dimulai dari kegiatan foreplay seperti bercumbu, berpelukan, saling memainkan organ intim baik dengan tangan atau mulut, yang dapat diikuti dengan penetrasi dan ejakulasi. Semua kegiatan seksual ini hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang sudah resmi menikah, karena hubungan seksual dapat menyebabkan kehamilan dan penularan penyakit.

Apakah hubungan seksual tanpa penetrasi dapat menyebabkan hamil ?

Kehamilan terjadi jika saat berhubungan seksual sperma yang dibawa masuk oleh penetrasi penis berhasil bertemu dan membuahi sel telur yang telah matang. Perjuangan sperma untuk bertemu sel telur ini juga tidak mudah karena harus berlomba bersama jutaan sperma lainnya. Halangan yang ada seperti cairan vagina, keasaman vagina, membuat sperma banyak yang mati berguguran. Hubungan seksual tanpa penetrasi dan sperma juga tidak dikeluarkan di area kewanitaan memang tidak dapat menyebabkan kehamilan. Karena sperma tidak dapat bertahan lama di luar organ reproduksi.Walau tidak dapat menyebabkan kehamilan, melakukan hubungan seksual tetap tidak boleh dilakukan bagi pasangan yang belum menikah. Untuk itu, hindari semua tempat sepi, tontonan dewasa, kata-kata atau tindakan yang dapat memebawa Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual. Jika Anda dan pasangan sudah menikah dan belum ingin mempunyai keturunan, Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan untuk penggunaan alat kontarsepsi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikomerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil