02 Jan 2021, 12:27Kandungan

Apakah Ibu hamil dengan sesar sebelumnya dapat melahirkan normal ?

ZB
Info Penanya: ZB0
siang dok. istri saya melahirkan anak pertama di cesar. istri saya hamil lagi. apa bisa melahirkan noral dok
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Z.Kehamilan merupakan seseuatu yang luar biasa bagi seorang Ibu. Saat hamil Ibu akan mengalami perubahan baik dalam segi hormon, bentuk tubuh, perasaan dimana semua yang terjadi akan menguras emosi, tenaga, dan pikiran. Perasaan Ibu yang sensitif saat hamil, kadang membuat dirinya stress dan merasa tidak dihargai, sehingga Ibu hamil bisa menjadi murung dan sedih. Lelahnya kehamilan selama 40 minggu akan terbayar dengan persalinan dimana persalinan yang lancar membuat ibu dan bayi lahir dengan selamat.

Apakah Ibu hamil dengan sesar sebelumnya dapat melahirkan normal ?

Persalinan sesar kondisi dimana janin lahir tidak melalui vagina. Hal ini dapat terjadi karena berbagai kondisi, baik dari segi indikasi medis misalnya saat ibu hamil mempunyai tekanan darah yang sangat tinggi, ukuran panggul yang sempit, janin gawat sebelum dilahirkan. Namun ada beberapa orang pula yang melahirkan melalui proses sesar karena takut dan tidak mau melahirkan normal. Ibu hamil dengan sesar sebelumnya dapat melahirkan normal jika indikasi melahirkan sesar bukan karena keadaan pinggul yang sempit.Saat kondisi sang ibu hamil optimal, dengan tensi darah yang bagus, kondisi rahim yang baik, berat badan janin tidak lebih dari 4 kg, jarak kehamilan dari persalinan sebelumnya tidak kurang dari 18 bulan, ibu hamil dapat mengendan dengan baik, maka persalinan normal dapat dilakukan. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya persalinan normal dilkukan di RS sehingga jika saat persalinan normal tidak berjalan dengan baik, maka dokter dapat melakukan tindakan sesar secepatnya.

Yang harus Ibu hamil lakukan agar bisa melahirkan secara normal

Yang harus Ibu hamil lakukan agar bisa melahirkan secara normal antara lain :Kontrol teratur di dokter kandungan dengan melakukan pemerikaan tekanan darah, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan urin, dan pemeriksaan USG. Konsumsi vitamin yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Minum vitamin kombinasi antara zat besi, asam folat, kalsium, vitamin C dan vitamin E. Lakukan pola hidup sehat dengan selalu makan makanan bergizi, olahraga yang konsisten, lakukan senam hamil. Segera ke dokter jika keluar cairan dari vagina baik saat kehamilan muda maupun saat menjelang persalinan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilanpersalinanpreeklampsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil