02 Jan 2021, 09:34Kandungan

Bagaimana cara mencegah kehamilan secara alami?

KM
Info Penanya: KM0
Dok mau tanya, kalo cara untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan intim itu apa ya? Kalo bisa yang alami dok
202 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore KMSuatu kehamilan bisa terjadi bial seornag wanita yangs edang dalam masa suburnya melakukan hubungan intim dengan seorang pria dan terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma. Kehamilan merupakan seusatu yang diharapkan bagi pasangan suami istri yang mendambakan keturunan, tetapi kehamilan justru menjadi kekhawatiran dan ketakutan tersendiri pada pasangan yang belum menikah atau para pasangan yang baru saja memiliki momongan.Alat kontrasepsi menjadi cara untuk menunda atau mencegah kehamilan. Ada beberapa metode kontrasepsi baik secara alami maupun dengan alat atau obat hormonal seperti pil KB, KB suntik, implan, dan IUD. Kontrasepsi secara alami atau tanpa obat hormonal bisa dilakukan dengan beberapa metode yaitu:
  • Membuat kalender masa subur
    Hitung masa subur anda berdasarkan panjang siklus haid bisa secara manual atau menggunakan aplikasi di hp. Hindari berhubungan saat periode masa subur. Metode ini tidak disarankan terutama pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur.
  • Ejakulasi di luar vagina (coitus interruptus)
    Metode ini peran pria sangat penting karena harus bisa menahan ereksi sehingga ejakulasi bisa dilakukan di luar vagina. Kemungkinan kehamilan bisa terjadi apabila ada sebagain sperma dikeluarkan di dalam vagian atau adanya sperma yang menetes atau mengalir ke vagina.
  • Menyusui ASI
    Saat menyusui hormon prolaktin yang berfungsi memicu produksi ASI dapat menghambat peningkatan estrogen sehingga bila menyusui secara aktif bisa menghambat kehamilan dalam jarak dekat.
  • Kondom
    Ada berbagai jenis kondom wanita dan pria. Penggunaan kondom cukup efektif untuk mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual. Tetapi kemungkinan kehamilan bisa terjadi bila kondom lepas, bocor atau adanya sperma menetes atau mengalir ke vagina
Tidak ada metode kontrasepsi yang efektivitasnya mencapai 100% dalam mencegah kehamilan. Hal itu dipengaruhi oleh cara penggunaan yang tepat secara individual. Anda bisa menggabungkan beberapa metode kontrasepsi untuk meningkatkan efektivitasnya dalam mencegah kehamilan. Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan untuk memilih metode kontrasepsi yang tepat.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil