24 Dec 2020, 21:24Kandungan

Apakah penanda hamil jika flek setelah berhubungan?

JH
Info Penanya: JH, Pria0
Selamat malam dok Saya mau bertanya ni Malam nya saya berhubungan namun pagi nya sudah keluar darah selama 3 hari dok, Apakah bisa hamil dok
457 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, JHTerima kasih atas pertanyaannya.Perdarahan setelah berhubungan memang menimbulkan kekhawatiran sendiri apakah hal tersebut merupakan tanda ada gangguan di rahim.

Penyebab perdarahan setelah berhubungan :

  • Tanda ovulasi.  Memasuki masa subur dapat disertai perdarahan ringan.  
  • Darah implantasi atau flek kehamilan. Darah ini keluar karena sel telur yang terbuahi melekat pada dinding rahim.  Perdarahan ringan 1-3 hari dengan konsistensi yang berbeda dengan darah haid.
  • Luka pada vagina. Akibat gesekan berlebihan akan menimbulkan luka pada vagina terutama ketika berhubungan intim dengan kondisi vagina kering.
  • Peradangan vagina. Infeksi vagina baik karena jamur, bakteri ataupun infeksi menular seksual akan menyebabkan pembuluh darah vagina membesar sehingga adanya benda asing yang masuk memciu perdarahan.
  • Gangguan pada rahim.
Jika sebelumnya ada riwayat berhubungan intim tidak ada salahnya lakukan testpack 10 hari dari terakhir berhubungan yang diulang 10 hari kemudian jika hasil negatif atau samar guna memastikan adanya hormon kehamilan di urin.Jika memang belum menikah sebaiknya menunda aktivitas seksual yang berisiko.  Selain karena berisko hamil, dapat pula berisiko infeksi menular seksual seperti gonore, sifilis, kutil kelamin ataupun herpes.  BIla sudah menikah dan menunda kehamilan gunakan kontrasepsi. Periksa dokter kandungan jika testpack menunjukkan hasil positif atau flek berulang setiap berhubungan intim.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanmenstruasites kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil