10 Dec 2020, 10:27Kandungan

Apakah lupa suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan kehamilan?

SL
Info Penanya: SL0
Assalamualaikum dok, Kemarin saya waktu nya balik suntik KB 3 bln tapi saya belum sempat balik dan sya suda berhubungan intim sama suami apa kemungkinan saya akan hamil dok soalnya pas berhubungan saya baru selesai haid 4 hari saya mau balik suntik tapi saya takut suda terjadi pembuahan terus nanti jadi pengaruh kalau ternyata saya hamil tapi kalau mau tespek juga pasti hasilnya blm bisa di lihat
511 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam wr wb, S.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Penggunaan KB 3 bulan memang salah satu kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan. KB suntik ini mengandung hormon progestin yang sama seperti hormon progesteron di dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan cara menghambat pelepasan sel telur, dan mengentalkan saluran reproduksi wanita sehingga sperma tidak dapat mencapai ovum.

Apakah lupa suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan kehamilan?

Pengaruh KB suntik 3 bulan ini dapat menyebabkn siklus menstruasi menjadi tidak teratur, sehingga sulit untuk menentukan masa subur, sedangkan peluang untuk terjadi kehamilan masih dapat terjadi terlebih Anda lupa untuk suntik KB ulang tepat pada tanggal seharusnya.Yang dapat Anda lakukan adalah menunggu menstruasi selanjutnya, jika telat haid lebih dari siklus menstruasi normal yaitu 21-35 hari, dan Anda mengalami tanda kehamilan seperti keram ringan pada perut disertai flek kecoklatan, perubahan dan rasa tidak nyaman di payudara, mual yang sangat dirasakan terutama di pagi hari, kehilangan gairah seksual, Anda dapat melakukan test pack, namun jika hasil masih negatif, Anda dapat menunggu hingga dua minggu setelah test pack pertama. Anda juga dapat melakukan USG transvaginal untuk pemeriksaan yang lebih akurat.Selama menunggu hasil pemeriksaan kehamilan, jangan gunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan kondom sebagai pelindung.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
mualmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil