05 Dec 2020, 17:40Kandungan

Menstruasi setelah berhubungan, Apakah masih dapat hamil?

FM
Info Penanya: FM, Pria0
Dok saya mau bertanya, apakah wanita bisa hamil jika ditiduri oleh pria, lalu tidak ditiduri, kemudian wanita tersebut sudah menstruasi sebanyak 2 kali.
336 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo F,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan terjadi saat pasangan melakukan hubungan seksual, mengeluarkan sperma yang sehat baik dari segi bentuk, jumlah, pergerakannya, kemudian sperma ini berhasil bertemu dengan ovum yang telah matang. Ini juga membutuhkan waktu yang panjang. Sperma dapat berlomba-lomba dengan jutaan sperma lainnya, namun hanya 1 sperma yang dapat menaklukan ovum. Setelah sperma bertemu ovum, maka terjadilah pembuahan yang akan membentuk bakal janin yang kemudian akan menempel di dinding rahim. Proses ini disebut dengam implantasi janin. Saat implantasi ini dapat terjadi perdarahan kecil, disertai nyeri atau tidak.

Proses menstruasi

Jika tidak terjadi pembuahan dan proses implantasi janin di dinding rahim, maka tubuh akan memberikan "kode" untuk meluruhkan dinding rahim, sehingga terjadi lah proses perdarahan yang disebut dengan menstruasi. Proses ini dapat berlangsung 3 hingga 7 hari, tergantung tiap wanita bisa berbeda-beda. 

Gangguan menstruasi

Ada beberapa gangguan menstruasi antara lain siklus yang memanjang membuat wanita menjadi telad haid, dan ini juga membuat "rancu" dengan tanda kehamilan. Selain itu gangguan menstruasi adalah :
  • Siklus menstruasi memendek
  • Menstruasi banyak dan durasi memanjang
  • Menstruasi menjadi sedikit dengan durasi lebih pendek
  • Nyeri saat menstruasi
  • Tidak menstruasi sejak awal (ammenorhea primer) atau setelah menstruasi menjadi tidak menstruasi lagi (ammenorhea sekunder)
Kondisi yang Anda alami setalah berhubungan seksual kemudian pasangan Anda mengalami menstruasi sebanyak 2x, maka kemungkinan untuk hamil bisa disingkar. Namun jika Anda ingin menunda kehamilan, sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi.Banyak jenis dan kelebihan serta kekurangan alat kontrasepsi, dapat Anda konsultasikan bersama pasangan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
kehamilanmenstruasikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil