03 Dec 2020, 07:02Kandungan

Kandungan yang berdekatan jaraknya

NJ
Info Penanya: NJ0
Dok mau tanya ni umur saya 23thn.. Saya udh mempunyai anak 2 Semuanya lahir SC Yg anak pertama SC karna kelilit tali pisar lahir tgl18 febuari 2017 kini umurnya 3.5tahun Anak yg kedua SC karna plasenta review lahir tgl 02 oktober 2018 umurnya 2tahun & Sedangkan skrg saya fositif hamil lagi dok sdngkan jaraknya masih dkt sma ank yg ke 2..saya harus gimana y dok
226 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi NJ,Riwayat bekas SC adalah salah satu pertimbangan seseorang untuk kembali hamil, dimana jika sebelumnya dilakukan persalinan dengan metode operasi sesar memang sebaiknya menunda kehamilan berikutnya agar rahim kembali pulih. Waktu pemulihan sendiri bisa beragam, tetapi jika melahirkan anak kedua sudah berjarak 2 tahun maka bisa dibilang sudah cukup ideal. Karena dengan waktu hamil jaraknya nanti bisa 3 tahun.Untuk itu pada kehamilan ketiga ini bisa tetap waspada dan lakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan secara berkala pada dokter ataupun bidan terdekat. Upayakan juga menjaga nutrisi selama kehamilan dengan memenuhi kandungan nutrisi seperti:
  • Kalori tambahan
  • Asam folat
  • Multivitamin dan mineral seperti besi
  • Protein
  • Kalsium
  • DHA

Penggunaan kontrasepsi mantap

Apabila setelahnya sudah berencana tidak menambah anak lagi, dapat dikomunikasikan dengan dokter kandungan yang menangani Anda agar bisa dilakukan metode KB seperti misalnya pilihan untuk kontrasepsi mantap ataupun metode KB steril. Tetapi jika masih ada rencana untuk menambah anak kembali, bisa gunakan metode kontrasepsi yang cukup panjang masa penggunaannya seperti misalnya penggunaan KB susuk ataupun KB sprial atau IUD. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilantrimester pertama kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil