16 Nov 2020, 19:12Kandungan

Bisakah Hamil pada Suntik KB ?

AG
Info Penanya: AG, Wanita, 19 Tahun
Saya kan dok sebelum nikah telat haid hampir 3 bln lebih teruss saya mau nikah suntik kb dulu yng 3 bln sekali terus saya gak haid haid 2 bulan terus saya tespek garis dua apakah bnr saya hamil dok tpi ko bisa gitu ya apa saya tidak cocok kb dok
221 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang AG,terimakasih atas pertanyaanya.Alat kontrasepsi (KB) adalah alat yang yang digunakan unutk mencegah kehamilan. Terdapat 2 jenis yaitu yang hormonal dan non-hormonal. Setiap jenisnya pun memiliki efektivitas yang berbeda-beda dalam mencegah kehamilan. Perlu diingatt kembali semua alat kontrasepsi tidak dapat memberi proteksi 100% dalam mencegah kehamilan.

Kemungkinan Kehamilan pada Suntik KB 

Suntik KB merupakan salah satu jenis KB hormonal, ada yang suntik kb 1 bulan dan ada yang tiap 3 bulan. Paling digemari karena praktis penggunaannya. Efektivitas penggunaan suntik KB pun mencapai 94-99%. Namun tidak jarang juga terjadi kebobolan pada pemilihan suntik kb ini.Hal-hal yang dapat memungkinkan terjadinya kehamilan pada suntik kb:
  • Terlambat melakukan jadwal suntik
  • Melakukan hubungan seksual sebelum 7 hari setelah Suntik Kb, karena obat baru efektif bekerja setelah 7 hari disuntikkan.
  • Suntik Kb yang kadaluarsa
Pemilihan alat kontrasepsi sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan atau bidan, terutama bila memiliki riwayat haid yang tidak teratur, nyeri haid yang hebat, perdarahan haid yang banyak dan berkepanjangan, atau gangguan pada organ reproduksi lainnya. Selain itu harus diwaspadai pula penggunaan alat kontrasepsi pada penyakit metabolik seperti tekanan darah tinggi/hipertensi, diabetes/kencing manis, dan sebagainya.Apabila terdapat tanda-tanda kehamilan hingga test pack positif (garis dua), ada baiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kehamilan secara pasti dengan melakukan pemeriksaan USG perut.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
kehamilanpenggunaan kbcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil