07 Oct 2020, 09:11Kandungan

Flek cokelat setelah suntik KB

SA
Info Penanya: SA0
Hallo dok saya mau tanya Saya sudah suntik kb yg 1 bulan selama 6 bulan bulan kmaren saya tidak haid biasa nya 5 hri sebelum jadwal suntik kb saya sudah haid tapi sempat bbrapa hari flek coklat dan keputihan Itu knpa ya dok ?
593 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SA,KB suntik adalah metode kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan dan bisa dilakukan penyuntikan 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. KB suntik merupakan salah satu metode KB yang efektif dan juga biayanya terjangkau. Sama seperti metode KB lain, KB suntik memiliki kelebihan dan kekurangan serta efek samping yang bisa terjadi pada penggunanya.

Efek samping KB suntik

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan KB suntik adalah gangguan siklus menstruasi dan juga perdarahan diluar siklus menstruasi. Hal ini bisa disebabkan karena gangguan hormonal tubuh akibat penyuntikan KB. Tidak perlu khawatir jika tidak haid, karena tidak haid bukan disebabkan karena kehamilan jika rutin melakukan penyuntikan KB.Flek cokelat dan keputihan sendiri juga bisa dipicu oleh gaya hidup dan kebersihan yang kurang baik ataupun faktor lain seperti misalnya:
  • Mengalami stres
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan drastis
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi seperti polip
  • Adanya endometriosis 
  • Adanya tumor jinak
Jadi jika merasa tidak nyaman dengan efek samping yang ditimbulkan oleh KB suntik, bisa coba memeriksakan diri pada dokter atau doktaer spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan apa penyebabnya. Jika benar karena efek samping KB, bisa dipertimbangkan untuk mengganti metode KB lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan kandunganmenstruasipenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil