Sering pusing dan mual, tetapi test pack negatif, apa penyebabnya ?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok Sya mw tanyak dokBeberapa hari ini saya sering pusing dan mual2..tp saya cbak liat d tespack hasilx negatif..tp sblm itu sya pernah berhubngn sma suami sya stlhx haid bulan kmrn
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AF.

Pusing dan mual merupakan keluhan yang sering diidentikan dengan kehamilan pada wanita yang sudah aktif secara seksual. Akan tetapi selain tanda awal kehamilan, masih terdapat kondisi medis lainnya yang dapat menimbulkan gejala pusing dan mual.

Beberapa kondisi medis tersebut diantaranya ialah :

  • infeksi saluran cerna (gastroenteritis)
  • maag atau gastritis
  • gangguan pada organ hari
  • gangguan pada telinga dalam
  • dan lain-lainnya

Mengenai riwayat berhubungan seksual pada Anda, perlu lebih dipastikan krolonologisnya apakah sesudah haid berhubungannya ataukah sesudah berhubungan lalu terjadi haid, karena maknanya akan berbeda. Jika Anda masih ragu akan kemungkinan kehamilan, cobalah untuk melakukan test pack ulang seminggu kemudian. Atau Anda dapat memantau siklus haid di bulan ini, jika telah ada keterlambatan minimal 10 hari, Anda sudah dapat test pack kembali.

Jika hasilnya masih negatif maka mungkin disebabkan oleh gangguan pencernaan atau gangguan lainnya seperti yang dipaparkan diatas. Untuk sementara, Anda dapat mengonsumsi vitamin B6, obat bergolongan antasida dan acetaminofen serta menghirup minyak esensial peppermint untuk membantu meredakan keluhan pusing dan mual yang Anda alami. Namun jika keluhan terus berlanjut dan hasil test pack tetap negatif periksakanlah ke dokter terdekat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

penyebab asfiksia neonatorum dan tanda-tanda bayi kekurangan oksigen selepas lahir

Penyebab dan Tanda-Tanda Bayi Kekurangan Oksigen Selepas Lahir (Asfiksia Neonatorum)

Asfiksia neonatorum harus diwaspadai pada bayi. Bahayanya fatal jika bayi kekurangan oksigen selepas lahir. Apa penyebab asfiksia neonatorum?