Berhubungan setelah menstruasi apakah dapat menyebabkan kehamilan?

L Info Penanya: L, Wanita
Selamat pagi dok, saya mau bertanya. Saya datang bulan tanggal 31 ke tanggal 7 september. Saat tanggal 6 saya berhubungan tapi tidak terjadi ejakulasi. Kemudian tanggal 8 saya melakukan hubungan kembali tapi ejakulasi diluar di selangkangan. Apakah itu beresiko kehamilan ? Dan apakah itu akan menghambat telat haid saya maupun kesuburan pada syaa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya adalah soal ketepatan tentang waktu dan tidak bisa di prediksi secara pasti. Kehamilan bisa terjadi karena pertemuan atau pembuahan sel telur dan sperma yang terjadi di dalam rahim. Sel telur akan keluar satu kali setiap bulannya pada masa subur. Masa subur normalnya terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. 

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, tidak bisa di pastikan Anda akan mengalami kehamilan atau tidak. Karena masa subur wanita tidak bisa di prediksi secara pasti. Sehingga apabila Anda terlambat haid pada bulan berikutnya sebaiknya lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikannya.

Jika testpack negatif, kemungkinan Anda tidak hamil, terlambat haid Anda bisa disebabkan karena stres, gangguan hormonal, kelebihan atau kekurangan berat badan, kelelahan, penyakit organ kelamin, atau lain sebagainya. Jika Anda dan pasangan belum siap untuk hamil, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi untuk memperkexcil resiko terjadinya kehamilan, seperti KB Suntik, pil KB, IUD atau metode kontrasepsi lainnya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
10 Sep 2020, 11:19
Terima kasih atas informasi yang di berikan. Dengan adanya aplikasi sehatq ini sangat membantu.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.