Test pack jadi samar setelah adanya bercak darah, benar hamil atau tidak ?

F Info Penanya: F
Malam donk,,sy ingin bertanya,sy umur 26 thn. Gini dok,sy bulan agustus itu ngak haid,nah pas mao.akhir bulan agustus sy beli tespeck,pas di tespeck garis 2 terlihat jelas.nah pas bulan september tanggal 4 ada bercak darah. Secara terus menerus,aku tespeck lagi 2 garis tapi 1 semar,sy bingung dok,yg pertama sy tespeck garis 2 . Pas ke 2 d tespeck lagi ada darah. Agak sakit trus ngak mulas,makin sini terasa mulas dikit. Itu gmn dok hamil atau tdk. Mohon penjelasannya dok .. trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Test pack ialah sejenis alat deteksi sederhana yang bereaksi terhadap hormon kehamilan atau hCG (human chorionic gonadotropin). Pada awal proses terjadinya kehamilan, bakal janin atau sel telur yang telah dibuahi sperma, akan menempel pada dinding rahim atau melakukan implantasi. Pada saat tersebut, hormon hCG dilepaskan oleh tubuh, salah satunya keluar menuju urine, oleh karena itu, test pack digunakan pada urine. Peningkatan hormon kehamilan sendiri dapat terjadi dua kali lipat setiap dua sampai tiga hari. Maka dari itu butuh waktu yang tepat untuk melakukan test pack.

Mengenai test pack yang menjadi samar setelah adanya perdarahan pada Anda, umumnya bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan.

Beberapa diantaranya, yaitu :

1. positif, namun saat ini ada perdarahan implantasi

2. positif palsu, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti :

  • gangguan kehamilan :
    • kehamilan ektopik
    • kehamilan anggur
    • kehamilan kimia, atau kehamilan yang tidak berhasil berkembang sebelum minggu ke-5
    • kandungan yang lemah
    • keguguran 
  • adanya tumor
  • konsumsi penggunaan obat-obatan tertentu
  • keliru membaca hasil
  • kualitas test pack yang kurang baik

Karena masih terdapat berbagai kemungkinan, saat ini belum dapat dipastikan keadaan yang Anda alami adalah betul berupa kehamilan normal atupun bukan. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yang dapat berupa pemeriksaan deteksi kehamilan dengan sampel darah di laboratorium, atau pemeriksaan USG. Oleh karena itu saat ini ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Kandungan untuk dapat dilakukan USG sekaligus dilakukan penanganan pada bercak darah yang dialami jika memang bukan merupakan tanda awal kehamilan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran payudara bisa berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor.

Bisa Berubah, Berapa Rata-Rata Ukuran Payudara Perempuan Indonesia?

Ukuran payudara bisa berubah karena banyak faktor. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengukurnya dengan tepat.