Bagaimana tanda-tanda kehamilan, keluar flek apakah berbahaya?

R2 Info Penanya: R2, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok saya mau tanya, saya kan haid tgl 4 agustus ya, trus stelah itu sya sering mual", pusing, payudara sakit, stelah saya periksa ke dokter ktanya lagi hamil dan hasil tespek garis dua namun satunya masih samar, tapi kmarin tgl 29 agustus saya keluar darah kaya haid itu knapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan biasanya di tandai dengan terlambatnya menstruasi, selain itu juga dapat muncul gejala lain seperti badan mudah lelah, mual muntah, nafsu makan menurun, sering kencing, gangguan mood, nyeri atau kram di payudara dan prut, dan lain lain.

Jika Anda sudah melakukan pengecekan ke dokter dan di lakukan USG ternyata dokter menyatakan hamil. Kemugkinan hasil testpack samar yang Anda lakukan karena kadar hcG yang masih rendah, pengaruh urin yang Anda lakukan dan waktu cek dan pembacaan yang terlalu lama.

Fle saat hamil muda kebanyakan meruapakan hal yang normal. Namun bila flek tersebut berlangsung beberapa hari, hingga menimbulkan nyeri perut yang hebat, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat atau melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Karena bisa saja flek atau perdarahan terjadi menjadi salah satu tanda keguguran.

Untuk menjaga kehamilan Anda, beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur, buah dan makanan yang mengandung asam folat dan zat besi
  • Cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari
  • Istirahat cukup dan hindari stres
  • Kontro rutin ke dokter kandungan minimal 1 bulan sekali

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium

Berbeda dengan Haid, Flek Saat Terjadi Nidasi Adalah Tanda Positif Hamil

Setelah pasangan berhubungan seksual dan dinyatakan positif hamil, sebenarnya ada perjalanan panjang menuju ke sana. Salah satunya adalah nidasi atau implantasi. Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium.