Berhubungan tetapi sperma dikeluarkan diluar, apakah akan hamil ?

GS Info Penanya: GS
Assalamualaikum dok saya mau tanya saya hbs berhubungan tpi sel spermanya d keluarin di luar d kasur aph saya gx akan hamil dok sedangkan saya blm siap hml skaranG2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Waalaikumusalam GS.

Pengeluaran sperma atau yang disebut dengan ejakulasi merupakan keadaan dimana seseorang khususnya pria telah terangsang secara maksimal. Ejakulasi dapat dilakukan di dalam vagian maupun di luar vagina. Salah satu jenis hubungan teknik hubungan seksual yang umum dilakukan untuk mencegal kehamilan ialan melakukan ejakulasi dilur atau yang dikenal dengan coitus interuptus atau senggama terputus. Namun demikian teknik tersebut ternyata tidak dapat sepenuhnya mencegah kehamilan. 

Pasalnya terdapat cairan yang dikenal dengan cairan pra-ejalukasi yang dikeluarkan sebelum ejakulasi namun pengeluarannya tidak dapat dikendalikan dan umumnya tidak disadari. Sedangkan cairan tersebut dapat mengandung sperma, sehingga ejakulasi diluar tidak sepenuhnya dapat berhasil dalam mencegah kehamilan.

Adapun beberapa ciri kehamilan yang meliputi :

  • keadaan tidak haid
  • mual muntah yang sering terjadi di pagi hari (morning sickness)
  • adanya perubahan pada payudara
  • timbulnya flek disertai kram perut
  • munculnya keputihan

Oleh karena itu, peluang untuk terjadinya kehamilan akan tetap ada. Karenanya jika Anda belum siap untuk mengalami kondisi kehamilan ada baiknya untuk menghindari aktivitas yang mengarah atau jika tidak memungkinkan maka gunakanlah alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Spesialis Kandungan .

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gerakan janin terasa sampai miss V masih termasuk kondisi wajar

Gerakan Janin Terasa Sampai Miss V, Wajar Terutama di Trimester Akhir

Deretan keluhan ibu hamil yang dirasakan sejak awal kehamilan bisa bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Apalagi saat memasuki trimester ketiga, terkadang gerakan janin terasa sampai miss V.