Terlambat menstruasi 12 hari tapi tespack 2 kali negatif

AP Info Penanya: AP, Pria, 20 Tahun
Dok saya ingin bertanya Saya sudah telat 12 hari tetapi saya coba tespek 2 x hasilnya negatifDan di hari ke 12 dan 13 muncul bercak coklat dan merah mudah, itu pertanda hamil atau haid ya dok mohon penjelasanya ? Karena sebelumnya siklus haid saya lancar dan belum pernah telat...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Tespack adalah alat tes kehamilan yang mendeteksi adanya hormon hCG yang meningkat jika terjadi kehamilan. Jika dilakukan tespack dan hasilnya negatif berarti belum ada peningkatan hormon tersebut yang menandakan tidak terjadi kehamilan. 

Jika setelahnya timbul bercak darah baik cokelat atau merah muda, bisa karena gejala awal menstruasi atau premenstrual sindrom menjelang haid. Bisa juga timbul karena gangguan hormonal.

Siklus menstruasi sendiri normal bisa terlambat karena banyak faktor yang bisa mempengaruhinya seperti:

  • Faktor psikologis seperti stres, beban pikiran, cemas
  • Faktor gaya hidup seperti tidur yang kurang, kelelahan, aktivitas fisik berat
  • Faktor berat badan seperti kelebihan berat badan atau diet yang menyebabkan penurunan berat badan yang cepat dan drastis
  • Faktor lain seperti masalah kesehatan misalnya gangguan kelenjar tiroid

Jadi tidak perlu terlalu cemas atau stres, karena jika cemas atau stres bisa menyebabkan haid juga menjadi tidak lancar. Coba perbaiki kesehariannya dan bisa mengonsumsi beberapa minuman alami untuk melancarkan haid seperti misalnya minum kunyit, jahe, nanas ataupun bisa dengan kayu manis.

Kalau sampai 3 bulan tidak juga haid, sebaiknya nanti periksa USG pada dokter spesialis kandungan. Kalau ada masalah hormonal akan diberikan terapi hormonal agar bisa segera haid. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.