Mengalami kram perut pada saat hamil

SL Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Siang dok. Saya mau tanya. Sebelumnya saya tidak mengetahui kehamilan saya saya suka minum bersoda. Kemudian saya merasa blm dtng bulan di saat itu saya minum obt pelancar dtng bulan seperti kiranti dan pil tuntas. Setelah itu saya stop rasa nyeri d perut saya dan pinggang blm hilang rasanya nyeri dan mules" . Pas saya cek ternyata saya hamil. Itu bagaimana dok. Bahaya tidak untuk janin saya dan bagaimana menghilangkan rasa sakit itu? Trima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SL.

Kehamilan ialah proses yang terjadi apabila ada pertemuan sel sperma pria dengan sel telur wanita, dan membentuk janin yang terus berkembang selama kurang lebih 40 minggu. Agar perkembangan janin berlangsung sempurna dan tidak kurang suatu apapun, maka hendaknya kehamilan dijaga dengan baik.

Pada saat kehamilan, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebih tidak dianjurkan, karena bisa memicu kelahiran prematur. Beberapa bahan-bahan herbal tertentu, misalnya dalam obat pelancar haid, juga sebaiknya dikonsumsi dalam pengawasan dokter, karena bisa saja memberikan efek yang tidak diinginkan bagi ibu yang janin.

Apabila Anda mengalami kram perut pada saat kehamilan, hal yang paling tidak diinginkan adalah ancaman keguguran. Oleh karena itu, untuk sementara hindari beraktivitas terlalu berat dan perbanyak bedrest. Apabila kram perut muncul di bagian bawah atau disertai dengan bercak darah, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan seperti inspekulo atau USG kehamilan untuk memastikan penyebabnya. Apabila benar ancaman keguguran, akan diberikan obat-obat penguat kandungan jika diperlukan. Tetapi, jika penyebab lain seperti diare, maag, atau gangguan hormon yang wajar, maka dokter akan memberikan terapi lain yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara cepat hamil setelah haid adalah dengan berhubungan seksual di waktu yang tepat

Ingin Lekas Punya Momongan? Coba 10 Cara Cepat Hamil Setelah Haid Ini

Cara cepat hamil setelah haid dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Namun, bagaimana cara cepat hamil setelah haid selesai yang sebaiknya dilakukan Anda dan pasangan?