Test pack positif tetapi keluar darah, apakah hamil atau mens ?

NA Info Penanya: NA
Pgi dok,sy mau tanya,saya SDH telat mens 1bln stngah,sy cek hasilnya positif tp kok kluar darah ...sy cek LG yg kdua x nya hasilnya ttp SM positif jg...pa sy memang sedang hamil pa hanya mau mens aja dok,terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NA.

Test pack yang memberikan hasil positif adalah keadaan saat terdeteksinya keberadaan hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin/hCG) dengan kadar yang signifikan oleh alat pemeriksaan sederhana tersebut. Pada umumnya pemeriksaan test pack memberikan hasil yang cukup akurat. Akan tetapi ada beberapa faktor dan kondisi tertentu yang bisa memepengaruhi hasil test pack  menjadi tidak akurat dan memberikan hasil negatif atau positif palsu.

Mengenai keluhan keluarnya darah atau perdarahan pada Anda perlu diketahui terlebih dahulu volume dan konsistensi darah yang keluar, karena dapat mengindikasikan kondisi yang beragam seperti perdarhan implantasi, kondisi kandungan yang lemah, hingga gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik atau bahkan keguguran. Untuk memastikannya Anda perlu untuk memeriksakan diri secara langsung pada dokter Kandungan.

Umumnya jika perdarah cenderung sedikit dapat berupa perdarahan implantasi atau perdarahan pada kandungan yang lemah. Namun perlu diwaspadai jika perdarahan cenderung banyak disertai dengan adanya gumpalan dan keluhan nyeri, dapat berupa proses kehamilan abnormal atau proses keguguran yang sedang berlangsung. Jika begitu Anda perlu untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan darurat agar dapat ditangani dengan segera. Mulai saat ini, perbanyaklah beristirahat dan hindari aktivitas yang berlebih.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusar sakit saat hamil disebabkan oleh perkembangan janin

Pusar Sakit Saat Hamil Trimester Ketiga, Apakah Berbahaya?

Ketika mengandung, tubuh perempuan berubah cukup signifikan dan biasanya disertai keluhan atau rasa tidak nyaman. Salah satu yang tidak terduga adalah merasakan pusar sakit saat hamil. Ini terjadi karena tekanan dari rahim namun akan hilang dengan sendirinya setelah persalinan.