Apakah penyebab terlambat menstruasi?

D Info Penanya: D, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok kenaph iyah sya sering telat men tpi bukan hamil .dari gadis juga sering telt aph iyah sebab nyah.aph bisa hamil gk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menstruasi merupakan kondisi perhadaran yang wajar dialami hampir oleh seluruh wanita. Menstruasi apda seorang wanita dikatakan normal bila terjadi setiap 21 hari - 35 hari, atau kerap disebut dengan istilah siklus menstruasi. Untuk mengetahui siklus menstruasi Anda bisa dihitung mulai dari hari pertama menstruasi pada periode bulan ini hingga hari pertama Anda mendapatkan menstruasi kembali pada periode bulan berikutnya.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita adalah:

  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • Adanya ganguan hormon
  • Adanya masalah terkait dengan sistem organ reproduksi wanita
  • Adanya efek sampin dari penggunaan KB (suntik KB / pil KB, dan lain lain)
  • Diet ketat / adanya kondisi medis lain yang menyebabkan perubahan berat badan secara mendadak
  • Obesitas
  • PCOS

Sehubungan dengan pertanyaan yang Anda tanyakan, untuk membantu berhasilnya program hamil perlu dilakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa suburnya. Agar bisa menentukan masa subur seorang wanita, harus dipastikan bahwa siklus menstruasinya teratur dan diketahui berapa hari siklus menstruasinya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda berusaha untuk menghindari stres dan kelelahan, lakukan olahraga ringan agar badan bugar, konsumsi makanan yang sehat serta bergizi seimbang, agar siklus menstruasi lancar. Perisakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat bila siklus menstruasi masih belum juga lancar agar diketahui penyebabnya dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina berbulu tebal dapat mencegah iritasi

Mengenal Manfaat Vagina Berbulu Tebal untuk Kehidupan Seksual

Vagina berbulu tebal ternyata memiliki beberapa keuntungan. Selain bisa mengurangi risiko iritasi pada vagina, hal ini juga dapat menjadi perangkap feromon.