Apa bisa terjadi kehamilan setelah haid?

SU Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Dok.saya mau tanya awal bulan lalu saya dan pasangan saya berhubungan.dia telat haid hampir 2 minggu sudah di lakukan tespek hasilnya negative.nah baru hari ini dia haid apa bisa trjadi kehamilan stelah haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Haid adalah keluarnya darah yang rutin dialami wanita setiap 21-35 hari sekali, dengan lamanya rata-rata sekitar 2-7 hari. Namun seringkali siklus haid ini tidak teratur, sehingga bisa maju lebih awal, atau justru terlambat. Dan permasalahan terlambat haid ini yang seringkali menimbulkan kecemasan atau takut akan terjadinya kehamilan.

Bila sudah haid, tentunya tidak mungkin hamil. Kecuali darah yang keluar tersebut bergumpal-gumpal, disertai nyeri perut berat maka kemungkinan bukan haid namun tanda-tanda keguguran. Dan perlu dipahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes pack, karena seringkali melakukan tes pack terlalu cepat sehingga hasilnya tidak akurat. Idealnya tes pack dilakukan bila sudah terlambat haid 1 minggu. Hal ini bertujuan agar hormon kehamilan diperkirakan sudah cukup banyak dan bisa menunjukkan hasil positif bila memang sedang hamil.

Bila Anda dan pasangan belum siap memiliki momongan, maka sebaiknya gunakan kondom saat berhubungan seksual dan menghindari berhubungan seksual di masa subur, atau gunakan KB seperti pil KB, suntik KB, implan, atau IUD. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada kontrasepsi yang mampu mencegah 100% terjadinya kehamilan, tetap ada kemungkinan gagal sebesar 1-3%.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rentang angka tekanan darah normal pada ibu hamil

Berapa Tekanan Darah Normal Ibu Hamil? Ketahui Rentangnya Berikut Ini

Ibu hamil harus menjaga tekanan darah tetap normal agar tidak membahayakan bayi dalam kandungan. Berapa batas normal tekanan darah saat hamil?