Apakah hamil jika tidak haid dalam 2 bulan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya berhubungan dan bulan mei saya haid tgl 24 sampai 30Lalu kenapa sampai sekarang blm haid jg ya dok apakah saya hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y,

Apabila tidak mengalami perdarahan menstruasi sejak bulan mei atau saat ini sudah terlambat haid sekitar 14 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack terutama jika setelah menstruasi terakhir kembali melakukan hubungan seksual.

Kehamilan sendiri adalah bertemunya sel telur dengan sel sperma dan sel sperma berhasil membuahi sel telur tersebut. Beberapa gejala awal kehamilan yang bisa muncul diantaranya seperti terlambat haid, mual dan muntah terutama di pagi hari atau disebut morning sickness, terasa lebih mudah lelah, rasa tidak nyaman di payudara, lebih peka terhadap bau-bauan dan pemeriksaan lainnya.

Penyebab lain keterlambatan haid

Jika tetap tidak haid dan dilakukan pemeriksaan testpack hasilnya negatif maka kemungkinan penyebabnya adalah:

  • Perubahan hormonal
  • Gangguan di saluran reproduksi
  • Masalah perubahan berat badan
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Mengalami masalah fisik dan mental

Jadi jika terdapat gejala awal kehamilan tapi hasil testpack negatif, bisa perhatikan dulu dalam beberapa minggu kedepan. Bisa nantinya mengulang kembali pemeriksaan. Apabila sampai 90 hari masih belum juga timbul menstruasi maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan penyebabnya.

Salah satunya nanti bisa dilakukan pemeriksaan lab darah dan juga pemeriksaan USG. Jika sudah dipastikan tidak ada kehamilan, dokter bisa memberikan obat untuk memancing terjadinya perdarahan menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.