Setelah haid sehari keluar bercak, apakah normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Halo dok , saya umur 20th .. sudah menikah 5bulan yg lalu . Sebelumnya haid saya lancar . Biasanya setiap tanggal 29 tp bulan kmarin tanggal 8 dan skrg haid lagi tanggal 3 , setelah haid berhenti sehari , saya keluar bercak berwarna merah muda, apakah itu tidak normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Flek darah yang keluar pasca menstruasi adalah kondisi yang bisa timbul karena beberapa hal seperti misalnya akibat gangguan hormonal, tanda kehamilan, ataupun masalah pada organ reproduksi seperti adanya kista, polip ataupun tumor jinak.

Apabila sebelumnya sudah rutin berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman, apabila haid hanya 1-2 hari, bisa juga merupakan tanda hamil. Jadi apabila bulan ini terlambat haid, bisa coba melakukan pemeriksaan menggunakan testpack.

Apabila nantinya didapatkan hasil negatif, bisa coba ulang kembali setelah 14 hari. Jika sampai bulan depan kembali tidak haid, maka bisa coba diperiksakan untuk mencari tahu apa yang jadi penyebabnya.

Untuk sementara yang bisa dilakukan adalah:

  • Istirahat dengan cukup
  • Tidur 7-8 jam sehari
  • Kelola stres berlebih dan lakukan relaksasi
  • Makan makanan bernutrisi baik
  • Olahraga setidaknya 3-5 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap kalinya

Jika sering kali keluar flek di luar masa menstruasi atau haid terjadi tetap kurang dari 3 hari atau bahkan lebih dari 7 hari maka dapat menandakan adanya permasalahan pada siklus dan gangguan menstruasi yang perlu penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.