Telat haid dengan riwayat ejakulasi diluar, apakah hamil ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok,saya mau tnya awal haid bulan kemarin saya tgl 1,dan saya melakukan hubungan intim dengan suami,tapi GK dikeluarkan didlm dok,bulan saya sudah telat 6 hari apakah saya hamil dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

Telat haid merupakan keadaan yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, salah satunya kehamilan. Karena masih banyak kondisi lainnya, maka telat haid tidak dapat dijadikan tanda kehamilan yang mutlak. Penyebab umum dari telat haid biasanya berupa ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh berbagai faktor.

Adapun faktor-faktor tersebut yang meliputi :

  • berat badan tidak normal, berlebih atau sangat kurang
  • tidak berolah raga sama sekali atau terlalu banyak berolahraga seperti atlet
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan  
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional tidak stabil lainnya
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti PCOS, kista ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan telat haid pada yang disertai riwayat berhubungan dengan pasangan tanpa ejakulasi di dalam, tidak dapat mencegah kehamilan sepenuhnya karena masih mungkin terdapat sel sperma pada cairan pra-ejakulasi yang dapat keluar sebelum terjadinya ejakulasi, dan umumnya pengeluaran cairan pra-ejakulasi tidak disadari. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan test pack untuk memastikan penyebab telat haid pada Anda. Untuk hasil yang lebih akurat test pack dapat dilakukan seminggu setelah pemeriksaan pertama kali, karena apabila terjadi kehamilan, dibutuhkan waktu untuk peningkatan hormon kehamilan yang signifikan.

Jika setelah test pack hasillnya negatif, mungkin telah haid yang Anda alami dipicu oleh faktor-faktor yang telah diuraikan diatas. Cobalah melakukan olahraga yoga dengan rutin, kosumsi bubuk kayu manis dan air rebusan jahe. Jika hingga 2 siklus haid tidak kunjung datang, periksakanlah ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dosis parasetamol untuk ibu hamil

Mengenal Aturan Konsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil

Paracetamol untuk ibu hamil tentu ada aturannya. Jika dikonsumsi dalam dosis yang salah efeknya dapat menimbulkan risiko pada ibu dan janin dalam kandungan.