Keluar seperti bercak darah dan lendir, apakah itu tanda kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 18 Tahun
Dok sayang mau tanya, saya tadi malam berhubungan pertama kali dengan istri saya otomatis pecah perawan dok kami belum ingin punya momongan, berhubungannya 8 hari sebelum tanggal haid, jadinya saya ejakulasi di di dalam vagina sedikit, selebihnya di luar vagina, sesudah itu paginya keluar seperti bercak darah dan lendir, apakah itu tanda kehamilan dok? Mohon di jawab ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Selaput dara adalah lapisan yang menutupi lubang vagina. Selaput ini cukup elastis namun bisa robek bila ada trauma seperti terjatuh dari sepeda, atau sudah melakukan hubungan seksual. Tanda selaput dara sudah robek maka akan muncul perdarahan, namun tidak berdarah saat berhubungan seksual pertama kali bukan berarti tidak perawan karena selaput ini kan elastis bisa saja memang belum robek.

Bila Anda melakukan hubungan seksual 8 hari sebelum haid, maka kemungkinan terjadinya kehamilan lebih kecil, karena biasanya masa subur ada di waktu 2 minggu sebelum haid, dengan perkiraan siklus haid istri Anda 28 hari sekali.

Namun tetap ada risiko terjadi kehamilan dengan alasan:

  • Anda tidak menggunakan kondom. Perlu diketahui bahwa cairan praejakulasi sudah mengandung sperma, dan hanya dibutuhkan 1 sperma dari jutaan sperma yang diejakulasikan. Sehingga meski ejakulasi dilakukan di luar, selama penis penetrasi masuk ke dalam vagina dan tidak menggunakan kondom, maka tetap saja bisa terjadi kehamilan.
  • Bila siklus haid istri Anda tidak teratur, maka lebih susah ditentukan kapan masa suburnya.

Perihal keluarnya bercak darah lendir bisa terjadi akibat robeknya selaput dara, iritasi serviks, atau adanya keputihan. Proses implantasi janin ke rahim biasanya baru muncul 6-12 hari setelah berhubungan seksual berupa bercak darah.

Sebaiknya istri Anda melakukan tes pack bila sampai nantinya terlambat haid karena ada riwayat berhubungan seksual. Lakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid untuk memastikan sedang hamil atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus zika dapat berpindah tempat, dari aliran darah ibu, menuju plasenta

2 Rute Infeksi Virus Zika yang Bisa Bahayakan Janin Anda

Virus zika adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala yang lebih kecil dari rata-rata ukuran kepala bayi normal dan dapat menyebabkan cacat otak yang berat. Penyebab virus zika adalah gigitan nyamuk aedes dan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, tanpa menggunakan kondom.