Telat haid, testpack negatif, tapi payudara sakit; hamil tidak ya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Siang dok,,Saya sudah 14 hari telat haid,dan saya sudah tes ketika saya telat satu Minggu ,dan hasil nya negatif,tp sampai telat 14 hari saya belum jg haid, saat ini payudara saya terasa sakit dok,dan terkadang perut jg seperti orang mau haid..Itu gimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SU.

Kehamilan akan terjadi apabila adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Pembuahan tersebut dapat terjadi apabila adanya aktivitas seksual yang dilakukan. Kemungkinan pembuahan akan lebih besar apabila hubungan seksual dilakukan dengan ejakulasi di dalam, pada saat masa subur.

Saat pembuahan terjadi, embrio (penyatuan sel telur dan sperma) yang terbentuk akan menempel ke dinding rahim. Oleh karena itu, dinding rahim tidak akan luruh, dan wanita hamil tidak akan mengalami haid.

Selain tidak haid, ciri-ciri kehamilan lainnya adalah mual, muntah, emosi yang tidak stabil, nyeri payudara dan perut, serta ngidam. Akan tetapi, ciri-ciri tersebut belum tentu dialami oleh semua wanita. Ada yang mengalami dan tidak, dan hal tersebut adalah normal.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, Anda dapat mencoba untuk mengulangi testpack satu minggu kemudian. Jika masih negatif, sangat disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG rahim. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dengan lebih pasti apakah ada kehamilan atau tidak.

Hamil ataupun tidak, selalu lakukan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan sistem hormon yang dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita. Konsumsi makanan bergizi, tidur cukup, bergerak aktif sehari-hari, dan hindari stres ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.