28 Jun 2020, 15:53Kandungan

SIklus haid tidak teratur, apakah saya hamil?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Dok sy mau tanya, biasanya sy haid itu awal2 bulan tiap tgl 4 atau 5, tp pas bulan april dan mei sy tdk datang bulan, sampai skrg pun sy belum tespeck, tp pas bulan juni ini minggu lalu muncul bercak darah kecoklatan berjelang sekitar 3 hari abis itu ga ada lagi, sering pusing sih tp mual belum ngerasain, cuma hari ini muncul darah lagi cuma darahnya bukan bercak2 lagi kyk kemaren, lumayan sih, trus kadang perutku agak sakit, cuma sampai skrg belum berani tespeck do
15985 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaSetiap wanita pasti mengalami haid atau menstruasi. Siklus haid yang dikatakan normal pada wanita adalah 21 - 35 hari yang dihitung dari hari pertama haid periode ini hingga hari pertama haid saat periode berikutnya. Rata-rata wanita memiliki siklus haid 28 hari.Perdarahan yang muncul pun bervariasi bisa berupa bercak, cair kekentalan, gatau bahkan gumpalan. Bgitupula dengan warna darah haid, mulai dari merah, merah kecokelatan, merah kehitaman, hitam, ataupun cokelat. Selain karena kehamilan terdapat beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Beberapa kondisi tersebut adalah:

  • Terdapat gangguan hormon
  • Terdapat gangguan pada organ reproduksi wanita
  • Terdapat berat badan yang berlebih (obesitas)
  • Terdapat perubahan berat badan secara mendadak
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Stres
  • Kelelahan
Tanda pasti dari kehamilan adalah dengan dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan juga dengan pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Selain itu tanda pasti yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan melakukan tes kehamilan. Sedangkan keluhan mual, muntah, pusing, napsu makan turun, lemas, bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan.Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan tes kehamilan dan jika hasilnya negatif ataupun samar-samar lakukanlah tes kembali dengan jeda tujuh hari kemudian. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari stres dan lakukan istirahat cukup.Bila hasil tes kehamilan positif dan atau haid masih tidak lancar, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidmenstruasites kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil