22 Jun 2020, 21:17Kandungan

Setelah KB Suntik menjadi tidak menstruasi, apakah hamil?

VA
Info Penanya: VA, Wanita, 36 Tahun
Selamat malam dok, mohon izin maaf mengganggu, saya mau tanya dok, tgl 12 bulan maret lalu sy masih suntik KB rutin setiap 1 bulan sekali dari bulan bulan sebelumnya, nah pas afril mei dan juni sy gk suntik tapi sejak itu sy gk haid sama sekali sampai sekarang, terus sy sdh tespeck 2 x namun ttp hasilnya negatif terakhir kmrn malam sy tespeck lagi msih sm hasilnya negarif, kenapa ya dok sy hamil atau tdk laku solusi nya bagaimana dok? Terimakasih mohon penjelasannya dok.
10893 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang VA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB Suntik di Indonesia dibagi menjadi 2, Yaitu KB Suntik 3 bulan dan KB Suntik 1 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon esterogen.Dibandingkan dengan suntik KB 3 bulan, suntik KB 1 bulan memiliki risiko lebih rendah timbulnya pedarahan yang tidak teratur dan lebih mungkin untuk memiliki periode menstruasi yang teratur. Namun demikian terdapat beberapa kekurangan KB suntik 1 bulan :
  • Timbulnya perdarahan yang tidak normal
  • Sering lupa jadwal suntik karena durasinya yang 1 bulan
  • Menimbulkan pusing dan payudara lebih terasa sensitif atau nyeri
  • Membuat perubahan mood
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan karena Anda sudah testpack 2 kali, namun hasil test negatif, kemungkinan terambatnya haid Anda disebabkan oleh gangguan hormonal karena KB Suntik, stress, kelelahan, kelebihan atau kekurangan berat badan, dll. Jika hingga lebih dari 2 bulan Anda tidak kunjung haid sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil