Apakah yang menyebabkan PMS dan siklus menstruasi tidak teratur?

EM Info Penanya: EM, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok saya mau tanya bulan lalu saya pms tanggal 24,bulan kemaren saya tgl 19 pms nya tapi sekarang saya belum pms apakah maju lagi jadual pms saya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EM

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan suatu kumpulan gejala yang dirasakan baik secara fisik amupun emosional yang terjadi setelah proses ovulasi atau sebelum Anda mengalami menstruasi. PMS ini berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang meberikan gejala sampai menggangu aktivitas, ada yang tidak merasakan apa-apa.

Biasanya tidak lama setelah PMS muncul, akan diikuti dengan menstruasi. Terkait dengan siklus menstruasi, normalnya terjadi 21 -35 hari. Dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi ini.

Adapun yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, selama siklus menstruasi dalam rentang waktu 21 - 35 hari, maka siklus anda dikatakan normal. Cara untuk menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Jadi, bukan berdasarkan kalender. Karena setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda. Yang kita gunakan sebagai patokan adalah hitungan harinya.

Pastikan Anda menghindari stres dan kelelahan fisik, mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, lakukan olahraga agar badan bugar. Bila keluhan tidak membaik, segera lakukan kunjungan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kayu manis dapat digunakan untuk membuat minuman pelancar haid alami

5 Minuman Pelancar Haid Alami Ini Bantu Anda Yang Sering Telat Datang Bulan

Beberapa perempuan mungkin ada yang rutin membeli minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar. Padahal tidak harus membeli, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah.